PROGRESIVISME JOHN DEWEY DAN PENDIDIKAN PARTISIPATIF PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

  • Ilun Mualifah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Education, Participative, Progressivism, John Dewey, Islamic Education,

Abstract

BAHASA INDONESIA:Artikel ini berisi tentang konsep pendidikan partisipatif yang dikaitkan dengan konsep progresivisme pendidikan John Dewey, dan kemudian dikaji dalam perspektif pendidikan Islam. Konsep pendidikan partisipatif dalam progresivisme pendidikan John Dewey merupakan konsep pendidikan yang mengacu pada teori-teori John Dewey yang berpijak pada asas-asas progresivitas. Asas progresivitas berprinsip pada sikap optimistis dalam memandang kemajuan peserta didik dalam proses pendidikannya. Konsep progresivisme pendidikan John Dewey yang megandung asas pendidikan partisipatif dalam pandangan pendidikan Islam bisa dipertegas: bahwa terdapat beberapa aspek kesesuaian (terutama dalam hal kemanfaatan yang bersifat duniawi), dan terdapat banyak aspek perbedaan yang sangat prinsip (terutama mengenai hal-hal yang bersifat metafisik-spiritual). Dengan demikian, ketika akan menerapkan asas partisipatif dalam konsep pendidikan Dewey di dalam kehidupan umat Islam, perlu difilter terlebih dahulu dengan kacamata nilai-nilai Islam. Apabila tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam, maka perlu diterapkan; namun apabila bertentangan dengan nilai-nilai Islam, maka tidak perlu diterapkan (cukup dijadikan pengetahuan saja). ENGLISH:This article discusses about participative education related to education progressivism concept by John Dewey, and then it is examined on Islamic studies perception. Participative education concept on John Dewey’s education progressivism is education concept that refers to John Dewey’s theories that bring up progressive principles. The progressive principles base on optimistic attitude on viewing the progress of learners’ learning process. The education progressivism concept by John Dewey contains participative education principles; it can be strengthened on Islamic education view that there are some compatibility aspects (especially in worldly usefulness), and there are many differences based on principles (especially in metaphysic-spiritual thing). Therefore, when Muslims will implement participative principles on Dewey’s educational concept in their life, they need to filter it based on Islamic views. If it does not contradict to Islamic views, it should be implemented on their life. Nevertheless, if it opposes Islamic views, it should not be implemented on their life (it is enough for them to know it as knowledge).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ag. Soejono, Aliran Baru dalam Pendidikan, bagian 1 (Bandung: CV. Ilmu, 1978).

Djalaludin & Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan (Jakarta: Gaya Media Pratama, 1997)

Endang Daruni Asdi & A. Husnan Aksara, Filsif-Filsuf Dunia dalam Gambar (Yogyakarta: Karya Kencana, 1982).

Hamdani Ali, Filsafat Pendidikan (Yogyakarta: Kota Kembang, 1993).

http://www.deliveri.org/guidelines/how/hm14_1i.htm

Imam Barnadib, Filsafat Pendidikan: Sistem & Metode, cet. 9 (Yogyakarta: ANDI, 1997).

Imam Barnadib, Filsafat Pendidikan (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2002)

I. Djumhur & H. Danasuparta, Sejarah Pendidikan (Bandung: CV. Ilmu, 1974).

John Dewey, Democracy and Education, an Introduction to the Philosophy of Education, Twenty-Third Printing (USA: The Macmillan Company, 1950).

John Dewey, Freedom and Culture (Capricorn books edition, 1963).

Joe Park, Selected Reading in the Philosophy of Education (New York: The MacMillan Company, 1958).

J. Donald Butler, Four Philosophies and Their Practice in Education and Religion (New York: Harper and Brothers, 1951).

Muis Sad Iman, Pendidikan Partisipatif (Yogyakarta: Safiria Insania Press & MSI UII, 2004).

Murtadha Muthahari, Fitrah (Jakarta, 1419/1998)

Theodore Brameld, Philosophies of Education in Cultural Perspective (New York: The Dryden Press, 1958).

Wasty Soemanto & Hendyat Soetopo, Dasar & Teori Pendidikan Dunia: Tantangan bagi para Pemimpin Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, 1982).

Y.B. Suparlan, Aliran-Aliran Baru dalam Pendidikan (Yogyakarta: Andi Offset, 1984).

Published
2016-02-01
How to Cite
MualifahI. (2016). PROGRESIVISME JOHN DEWEY DAN PENDIDIKAN PARTISIPATIF PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(1), 101-121. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.1.101-121
Section
Articles