MENAKAR EFEKTIFITAS PROGRAM AFLATOUN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Bahasa Indonesia:Program Aflatoun adalah program pendidikan sosial dan finansial untuk anak. Lembaga ini berfokus pada pembelajaran tentang tanggung jawab sosial dan pendidikan finansial yang diselenggarakan dalam lingkup pendidikan formal dan non-formal. Tujuan utama pembelajarannya adalah membangun hak dan tanggung jawab yang memungkinkan individu untuk mengembangkan komunitas mereka dengan teliti. Program ini menginspirasi anak memberdayakan diri secara sosial dan finansial untuk menjadi agen perubahan dalam kehidupan mereka sendiri dan dunia yang lebih adil. Dengan demikian, Aflatoun berusaha mewujudkan anak untuk menjadi inspirasi bagi lingkungannya. Aflatoun merupakan sebuah organisasi non-pemerintah lintas negara yang memberikan perhatian besar kepada pendidikan anak melalui organisasi-organisasi non-profit di dunia. Di Indonesia, program ini dilaksanakan oleh Lekdis Nusantara yang aktif menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan/workshop aflatoun di berbagai daerah. Penelitian ini akan melihat manfaat dan tawaran apa saja yang diberikan untuk menumbuh kembangkan pendidikan ke arah yang lebih baik. Sehingga, program ini dapat diterima sebagai salah satu alternatif dalam memberikan solusi berbagai isu pendidikan yang kian kompleks. English:Aflatoun is a social and financial education program for children. The program focuses on social responsibility and financial education which is organized in both formal and non-formal education. The main purpose of learning is to establish rights and responsibilities to enable individuals in developing their communities. This program inspires children to socially and financially develop themselves in order to be agents of change in their own lives and better world. In other words, Aflatoun promotes children as the inspiration for their environment. Aflatoun is a transnational non-governmental organization which pays a great attention to children education via non-profit organization in the world. In Indonesia, the program is implemented by Lekdis Nusantara and actively organizes socialization, training, and workshops in various under represented areas. This study examines benefits and opportunities given to cultivate education to a better direction. Thus, this program can be accepted as an alternative way in providing solutions for increasingly complex issues in education.Downloads
References
Al-Alayali, Abdullah dan Hasan, al-Amien, saayyid , Munjid fi al-A’lam, Bairut: Darul Masyriq, Cet. 23. 1998.
Billimoria, Jeroo Partner manual, T.t.p.T.p. 2005
Ballou, William Giller Stephen Vaughn, Form and style : These, Report, terms paper, cet.1 Boston : Houghton Mifflin company,1989
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka, 1996
Zainuddin Fananie, Pedoman Pendidikan Modern, Solo : Tinda Medina, 2011
Daryanto & Darmiatun, Suryatri, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Gava Media, 2013
Handoyo, Eko & Tijan, Model Pendidikan Karakter, Semarang:Widya Karya Press, 2010
Kementerian Pendidikan Nasional, Desain Induk Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta, 2010a
Kesuma, et. al., Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011
Kementerian Pendidikan Nasional, Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa, Jakarta, 2010e
Kementrian Pendidikan Nasional, Pengembangan Budaya dan karakter bangsa. Bahan pelatihan penguatan metodelogi Pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa. Jakarta: Kemendiknas, 2010
Kementrian Pendidikan Nasional, Pedoman pelaksanaan pendidikan (berdasarkan pengalaman di santuan pendidikan rintisan), Jakarta: Kemendiknas badan penelitian dan pengembangan pusat kurikulum dan pembukuan, 2011
M.W, Berkowitz, and Melinda, C, Bier, What Works In Character Education: A Research-driven guide for educators,Washington, DC Univesity of Missouri-St Louis. 2005
Mardianto, Teknik pengelompokan siswa, Medan: IAIN Press, 2013
Manual Evaluasi Aflatoun , Jakarta: Lekdis Nusantara, Lembaga Kajian Pendidikan, Keislaman dan sosial Nusantara, 2008
Manual pelatihan Aflatoun, Jakarta: Lekdis Nusantara, Lembaga Kajian Pendidikan, Keislaman dan sosial Nusantara, 2008
Pusat Kurikulum Balitbang Kemdiknas, Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, Jakarta: Puskur Balitbang Kemdiknas, 2009
Rosinta, S, Efektivitas Pengelolaan dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, Medan: UNIMED, 2005
Raka, Gede, et. al.,Pendidikan Karakter di Sekolah : dari gagasan ke tindakan, (Jakarta: PT Alex Media Komputinduo Kelompok Gramedia, 2011
Sekretariat Aflatoun, Manual Evaluasi Aflatoun , Jakarta: Lekdis Nusantara, Lembaga Kajian Pendidikan, Keislaman dan sosial Nusantara, 2008
Suryadi, Juknis Pelaksaan Pelatihan Program Aflatoun untuk guru SD & Mts di Medan tahun 2012 (buku, tidak diterbitkan)
Sekretariat Aflatoun Indonesia, Manual Evaluasi Aflatoun , terj. Lapis (Program for Islamic school supported by Australian Governmen.
Sumahami Jaya, Suparman et. al.,Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewiraswataan, Bandung : Angkasa, 2002
Tim Redaksi, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, Edisi Ketiga. 2001
Tim Aflatoun, The Aflatoun Series Book #1, Terj. LAPIS, Seri Aflatoun Buku 1 Jakarta : Lekdis Nusantara, 2008
___________, The Aflatoun Series Book #2, Terj. LAPIS, Seri Aflatoun Buku 2, Jakarta : Lekdis Nusantara, 2008
___________, The Aflatoun Series Book #3, Terj. LAPIS, Seri Aflatoun Buku 3, Jakarta : Lekdis Nusantara, 2008
___________, The Aflatoun Series Book #4, Terj. LAPIS, Seri Aflatoun Buku 4, Jakarta : Lekdis Nusantara, 2008
___________, The Aflatoun Series Book #5, Terj. LAPIS, Seri Aflatoun Buku 5, Jakarta : Lekdis Nusantara, 2008
___________, The Aflatoun Series Book #6, Terj. LAPIS, Seri Aflatoun Buku 6, Jakarta : Lekdis Nusantara, 2008
___________, The Aflatoun Series Book #7, Terj. LAPIS, Seri Aflatoun Buku 7, Jakarta : Lekdis Nusantara, 2008
___________, The Aflatoun Series Book #8, Terj. LAPIS, Seri Aflatoun Buku 8, Jakarta : Lekdis Nusantara, 2008
Undang-undang Sisdiknas, Sistem Pendidikan Nasional, Bandung:Fokusindo Mandiri, cet. Januari, 2012
Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012
Website
http://www.architectsofpeace.org/architects-of-peace/jeroobillimoria?page=2. diakses Jumat 25 Oktober 2013 pukul 18.30 WIB
http://www.skollfoundation.org/entrepreneur/jeroo-billimoria/. diakses Jumat 25 Oktober 2013 pukul 18.30 WIB
http://www.aflatoun.org/programme/programme-selected/curriculum, diakses hari Jumat 25 Oktober 2013 pukul 18.30 WIB
http://www.aflatoun.net/curriculum, diakses hari Selasa, 29 Oktober 2013 pukul 19.30 WIB
http://www.aflatoun.org/story/story-selected/aflatoun-comes-from, diakses Jumat 25 Oktober 2013 pukul 18.30 WIB
http://www.aflatoun.org/story/story-selected/dream-and-goal, diakses hari kamis 22 Novemer 2013 pukul 19.40 WIb
Sekretariat Aflatoun, “Aflatoun Programme Note”dalam Aflatoun journal 20 September 2012
Suryadi, “Aflatoun Berjuang Cerdaskan Anak Negri” dalam Harian Radar Madura (Jawa Pos Group), 19 Maret 2013
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.