KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MASA KINI
Abstract
Tulisan ini membahas tentang keterkaitan antara pendidikan Islam dengan berbagai elemen kehidupan. Keterkaitan antara sisi teoritis pendidikan Islam dengan sisi praktis pendidikan Islam juga disampaikan di sini. Secara kajian, dimensi teoritis dengan aplikatif pendidikan Islam dapat dibahas sendiri-sendiri, tetapi secara praktis, kedua dimensi tersebut tidak bisa lepas satu sama lain. Pada prinsipnya, persoalan pendidikan Islam tidak dapat dilepaskan dari beragam persoalan lainnya. Pendidikan Islam selalu terkait dengan berbagai elemen kehidupan, terutama manusia. Melalui pendidikan Islam manusia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Sebaliknya, manusia (Muslim) juga menjadi aktor dari maju atau mundurnya pendidikan Islam. Antara umat Islam dan pendidikan Islam merupakan dua hal yang dapat diibaratkan seperti sekeping uang, yakni terdiri dari dua sisi yang berbeda tetapi tidak terpisah antara satu dengan lainnya.Downloads
References
Abdurrahman Wahid, Menggerakkan Tradisi, Cet. II (Yogyakarta: LKiS, 2007).
Abd. Chayyi Fanany, 2010, Ilmu Pendidikan Islam (Surabaya: Taruna Media Pustaka).
Anwar Rasyid, 2011, Ilmu Pendidikan Islam (Teori & Aplikatif) (Surabaya: TMP).
M. Jindar Wahyudi, 2006, Nalar Pendidikan Qurani (Yogyakarta: Apeiron Philotes).
M. Arifin, 1977, Psikologi dan Beberapa Aspek Kehidupan Ruhaniah Manusia (Jakarta: Bulan Bintang).
Nur Ubiyati, 1999, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II (Bandung: CV. Pustaka Setia).
YPP, 1971, Al-Quran dan Terjemahnya (Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Quran).
Zakiah Daradjat, 2008, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. ke 8 (Jakarta: Bumi Aksara-Depag RI).
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.