POLA PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19
Abstract
Tulisan ini mengulas pola pendidikan Islam dalam surat Luqman ayat 12-19. Pola pendidikan yang terkandung dalam surat Luqman ayat 12-19 merupakan pola pendidikan yang Islami, pola pendidikan yang berbasis keagamaan. Komponen-komponen pendidikan yang terkandung dalam surat Luqman ayat 12-19 antara lain: pendidik, peserta didik, materi pendidikan, metode pendidikan, dan tujuan pendidikan. Pendidiknya adalah Luqman; peserta didiknya anaknya Luqman; materi pendidikannya berisi aqidah, syari’ah, moral; metode pendidikannya bersifat nasihat; tujuan pendidikannya adalah keimanan, ketaqwaan, dan akhlak yang luhur.Downloads
References
Armai Arief, Reformulasi Pendidikan Islam (Jakarta: CRSD Press, 2005)
Depag RI, Al-Quran dan Terjemahnya (Jakarta: Depag RI, 1971).
Darwis Hude, et. al., Cakrawala Ilmu dalam Al-Qur’an (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2002).
Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Logos, 1999).
Imam Muslim, Shahih Muslim, Juz II (Surabaya: Syarikat ‘Alawi, tt.).
Ibrahim Amini, Agar tak salah Mendidik Anak, Penerjemah, Ahamad Subandi & Salman Fadlullah, (Jakarta: Al-Huda, 2006).
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam dalam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Cet. III (Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya, 2004).
Nasib Ar-Rifai, Kemudahan dari Allah, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, (Jakarta: Gema Insani Press, 1999).
Syahidin, Metode Pendidikan Qur’ani, Teori dan Aplikasi, Cet. Ke-2 (Jakarta: Misaka Galiza, 1999).
Zuhairini, et. al., Filsafat Pendidikan Islam, Cet. Ke-2 (Jakarta: Bumi Aksara, 1995).
Zakiah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. ke 8 (Jakarta: Bumi Aksara-Depag RI, 2008).
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.