KONSEP PENDIDIKAN IMAM ZARNUJI DAN PAULO FREIRE

  • Hanik Yuni Alfiyah Universitas Sunan Giri
Keywords: Pendidikan Zarnuji, Pendidikan Freire, Komparasi

Abstract

Tulisan ini bermaksud mengkaji konsep pendidikan Imam Zarnuji dan Paulo Freire. Mengkaji pemikiran pendidikan Imam Zarnuji dan Paulo Freire memang amat menarik, karena keduanya memiliki kekuatan masing-masing. Imam Zarnuji merupakan seorang filosof muslim dalam hal pendidikan yang ide-idenya kental dengan pesan-pesan moral. Menurutnya, selama ini peserta didik banyak menemukan kegagalan dalam hal kompetensi moral. Sehingga banyak alumni-alumni lembaga pendidikan yang cerdas tetapi kurang bermoral. Sementara itu Paulo Freire merupakan filosof pendidikan Barat yang ide-idenya kental dengan pesan-pesan pembebasan dalam pendidikan. Pendidikan harus memanusiakan manusia. Pendidikan harus membebaskan dan dapat menyelesaikan realitas problem sosial kemanusiaan. Membandingkan pemikiran pendidikan Zarnuji dengan Freire akan menemukan banyak perbedaan, karena memang mereka hidup dalam latar belakang sosial budaya yang berbeda, disamping juga paradigma keduanya yang berbeda. Hal yang menarik ketika memadukan pemikiran keduanya. Apabila melakukan pemaduan di antara kedua pemikiran tokoh tersebut, akan dapat menemukan konsep pendidikan yang humanis, membebaskan dan penuh dengan nuansa moral-transensdensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad al-Santawi, dkk., Dairah al-Ma’arif al-Islamiyah,cet. Ke 10 (Beirut: Lajnah Tarjamah, 1933)

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam dan Modernisasi (Jakarta: Logos, 1999)

Denis E. Collins S.J, Paulo Freire; Kehidupan, Karya &Pemikirannya, cet. 2, terj. Henry Heyneardhi & Anastasia P. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002)

Firdaus M. Yunus, Pendidikan Berbasis Realitras Sosial: Paulo Freire & Y.B. Mangunwijaya (Yogyakarta: Logung Pustaka, 2004)

Irsyad Zamjani, “Ta’lim al-Muta’allim: Ideologisasi Ilmu Gaya Abad Pertengahan”, sebuah cataan kaki, dalam Ulumuna: Jurnal Studi Islam dan Masyarakat (Mataram: Stain Mataram, Juli-Desember 2003)

Jalaludin Rahmat, Islam Alaternatif (Mizan: Bandung, 1989)

Kuntowijoyo, Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi (Bandung: Mizan, 1994)

Moeslim Abdurrahman, Islam Transformatif, Cet. Ke 3 (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1997)

Made Pramono, “Menyelami Spirit Epistemologi Paulo Freire”, dalam Listiyono Santoso, dkk., Epistemologi Kiri (Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2003)

Omar M. al-Toumy al-Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung (Jakarta: Bulan Bintang, 1979)

Paulo Freire, Politik Pendidikan, Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan, Pengantar Penerbit, cet. 3, terj. Agung Prihantoro dan Agung Arif Fudiyartanto (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002)

Paulo Freire, Education for Critical Conciousness, ((New York: Continuum Publishing Company, 2000)

Paulo Freire, Pedagodi Harapan: Menghayati Kembali Pedagogi Kaum Tertindas, cet. 5 (Yogyakarta: Kanisius, 2005)

Paulo Freire, “Pendidikan yang membebaskan, Pendidikan yang Memanusiakan”, dalam Omi Intan Naomi, Menggugat Pendidikan Fundamentalisme, Konserfatif, Liberal, dan Anarkhis (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001)

Paulo Freire, Pendidikan Kaum Tertindas, cet. 3, terj. Otomo Dananjaya (Jakarta: LP3ES, 2000)

Syekh Ibrahim, Syarah Ta’lim al-Muta’allim Thariq al-Ta’allumi (Surabaya: Al-Hidayah, tanpa tahun)

Syekh Az Zarnuji, Pedoman Belajar Pelajar dan Santri, Edisi Indonesia terj. Noor Aufa Shidiq dari “Ta’lim al-Muta’allim” (Surabaya: Al-Hidayah, tt.)

Van Donzel, Islamic Desk Reference (New York: Leiden, 1994).

Published
2016-02-03
How to Cite
AlfiyahH. Y. (2016). KONSEP PENDIDIKAN IMAM ZARNUJI DAN PAULO FREIRE. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 201-221. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.201-221
Section
Articles