HUMANISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM: KONSEPSI PENDIDIKAN RAMAH ANAK

  • Abd. Azis STIT Al Ibrohimy Galis Bangkalan
Keywords: Humanism, Islamic Education, Child-Friendly Education, Islamic Values,

Abstract

Bahasa Indonesia:Tulisan ini mendeskripsikan humanisme dalam pendidikan Islam melalui model pembelajaran ramah anak. Melalui kajian literatur diperoleh hasil bahwa konsep pembelajaran ramah anak menjadi penting seiring masih maraknya kekerasan terhadap anak baik di dalam ataupun di luar institusi pendidikan. Dalam model pendidikan ini, pendidikan Islam menjadi katalis untuk mewujudkan humanisasi dalam pendidikan. Konsep ramah anak berupaya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa merasa betah dan nyaman di sekolah. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap guru yang ramah terhadap siswa, proses pembelajaran efektif, pengelolaan kelas efektif dan lingkungan belajar kondusif, serta motivasi belajar siswa. Dalam hal internalisasi nilai-nilai keislaman, guru menanamkan sikap sabar dan mampu menjadi teladan bagi siswa, menggunakan metode yang bervariatif, menerapkan pengelolaan kelas yang menyenangkan dan didukung lingkungan belajar yang kondusif. English:This paper describes humanism in Islamic education through child-friendly education model. Literary study results in the importance of such education model along with the increase of violence towards children either in educational institutions or in outside the area. In the child-friendly education, Islamic education is a catalyst to achieve humanism in education.  The education model focuses on creating fun interaction and makes students feeling at home and safe at school. This can be seen from friendly teachers’ attitudes, effective learning processes, effective classroom management, conducive learning environment, and students’ motivation. In terms of Islamic values internalization, teacher cultivates patient attitudes and becomes model for students, implementing variety of learing methods, implementing positive classroom management within conducive learning environment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asegaf, Abdurrahman. Pendidikan Tanpa Kekerasan. Jogjakarta: Tiara Wacana, 2004.

Asrohah, Hanun. “PAI dan KBK”. Nizamia, VII, 2 (Desember 2004).

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Jumanatul Ali-ART, 2007.

Gunarsa, Yulia Singgih D. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Media, 2003.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Hasan, M. Ali., dan Ali, Mukti. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2003.

Khaid, Najib. Mendidik Cara Nabi SAW. Bandung: Pustaka Hidayah, 2002.

Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan; Suatu Analisis Psikologis dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.

Majid, Abdul., dan Andayani, Dian. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Al-Ma’arif, 1989.

Mujib, Abdul., dan Mudzakkir, Jusuf. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2006.

Ridwan, Auliya. “Sistem Prevensi School Violence di Madura Berbasis Galtung Conflict Triangle”, Islamica, Vol. 3, No. 2, (Maret, 2009).

Rosyadi, Khoiron. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2004.

Sapari, Achmad. “Pendidikan dan Sisitivitas Guru Yang Kreatif”. Didaktika, 08 Desember 2003.

Sulhan, Najib. Pembangunan Karakter Pada Anak, Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya: Intelaktual Club, 2006.

Suparlan. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat, 2005.

Sutikno. “Manusia dalam Konteks Pedagogis.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), Vol. 2 No. 1 (2014).

Sutrisno. Revolusi Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Arruzz Media, 2005.

Undang-undang RI. SISDIKNAS. Surabaya: Media Centre, 2005.

Zuhairini. Metodik Khusus Pedidikan Agama. IAIN Sunan Ampel Malang: Usaha Offset Printing, 1983.

Published
2017-11-02
How to Cite
Azis, A. (2017). HUMANISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM: KONSEPSI PENDIDIKAN RAMAH ANAK. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(1), 94-115. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.1.94-115
Section
Articles