PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENDUNG PENGARUH AJARAN ALUK TODOLO DI TANA TORAJA SULAWESI SELATAN

  • Bulu' Bulu' IAIN Palopo
Keywords: Islamic Education, Aluk Todolo, Anticipation, Social Structure, Religious Emotions,

Abstract

Bahasa Indonesia:Pendidikan Agama Islam sangat berperan dalam mengantisipasi ajaran Aluk Todolo karena agama merupakan salah satu faktor pengendalian tingkah laku masyarakat. Bentuk ajaran Aluk Todolo yang masih melekat pada masyarakat Tana Toraja Sulawesi Selatan merupakan tantangan berat yang dihadapi masyarakat muslim sebagai minoritas karena ajaran tersebut telah lama ada secara turun temurun. Ajaran Aluk Todolo yang masih dipelihara oleh masyarakat termasuk oleh mereka yang beragama Islam sendiri adalah rambu solo, rambutuka, pamalian, me’nene’, ma’pakan dedeata, ma’bating dan paramisi. Beberapa faktor penghambat dalam mengatasi Aluk Todolo tersebut adalah pemahaman agama, struktur sosial masyarakat, emosi keagamaan, dan faktor kultural. Adapaun solusi dalam mengatasi pengaruh ajaran Aluk Todolo di Tana Toraja Sulawesi Selatan adalah dengan menjalankan nilai-nilai Agama Islam yang terbukti sudah menjadi alat pemersatu bangsa, bersilaturrahim dengan banyak kalangan yang dengan faham agama kuat, banyak membaca berbagai referensi dari buku-buku Agama Islam,  selalu ingin memperbaiki  diri,  menetapkan tujuan hidup, sebagai generasi penerus bangsa dituntut untuk mampu menciptakan suasana yang nyaman, aman dan kondusif di tengah  perbedaan yang muncul dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.English:Islamic education as a school subject has a very significant role in anticipating Aluk Todolo teachings since the religion is a factor of controlling people’s behavior. The Todolo teachings attached in the Tana Toraja South Sulawesi community is a hard challenge for the Muslim as the minority as the teaching has been rooted over generations. Several Todolo teachings which are still practiced the Muslim are rambu solo, rambutuka, pamalian, me’nene’, ma’pakan dedeata, ma’bating and paramisi. The challenge for anticipating the Todolo teachings are the understanding towards religion, social structure of the community, and the culture. The solution to anticipate the Todolo teaching in Tana Toraja are conducting Islamic teachings as a way of uniting people, visiting nad communicating with religious people, reading Islamic references, developing self quality, making life purposes, and creating safe and conducive environment in the middle of national diversity.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Rusli. Menjadi Remaja Sukses. (Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2013).

Ar-Rahman, Mawahib. Wakalah at-Tabsyir li at-Tahrik al-Jadid, (Pakistan: Rabwah, 1903).

Al-Nu’mān, Ma‘mūn Shālih. Mabādi‘Tarbawiyyah fī Āyāt al-Nidā‘li Alladzīna Āmanū: Dirāsah Tahlīliyyah, (Beirut: Mu‘assasah al-Kutub al-Tsaqāfiyyah, 1998).

Fauzan, Ahmad. 2016. Membendung gerakan Aluk Todolo di Tana Toraja Sulawesi Selatan Indonesia diunduh dari http://www.lsisi.org/membendung-Aliran-radikalisme-di-indonesia/ (Jumat, 4 OKtober 2016).

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010).

Islamnesia. 2016. Menguatnya aliran di Tana Toraja di Sulawesi Selatan diunduh dari http://islaminesia.com/2016/04/menguatnya-aliran kepercayaa-di-indonesia Timur/, (3 Oktober 2016)

Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka al-Husna Baru, 2008).

Langgulung, Hasan. Kreativitas dan Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka al-Husna, 1991).

Maksum, Madrasah Sejarah dan Perkembangannya, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).

Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos, 1999).

Nata, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012).

Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009).

Purwanti, Endang dkk., Perkembangan Peserta Didik, (Malang: UMM Press, 2002).

Rosadi, Achmad. Perkembangan Paham Keagamaan Lokal di Indonesia, (Jakarta: Puslitbang Kehidupan keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2011).

Rosidin, Dedeng. Akar-Akar Pendidikan dalam al-Qur‘an dan al-Hadits: Kajian Semantik Istilah-Istilah Tarbiyat, Ta’līm, Tadrīs, Tahdzīb dan Ta‘dīb, (Bandung: Pustaka Umat, 2003).

Syar’i, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2005).

Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004).

http:// Gudang Makalah.Blogspot.com/2011/02/Skripsi. Korelasi Hasil Belajar. Html/ diakses pada tanggal 20 April 2011.

http://id.m.wikipedia.org/wiki/suku Toraja. Diakses pada tanggal 9 Februari 2016.

http://titusbercerita.blogspot.co.id/2011/11/asal-mula-tana-toraja.html. Di akses pada tanggal 24 April 2016 pada pukul 10:50.

http://ulyanelita.blogspot.co.id/2016/10/faktor-faktor-penyebab-munculnya.html. (2 Oktober 2016)

Published
2016-11-02
How to Cite
Bulu’B. (2016). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENDUNG PENGARUH AJARAN ALUK TODOLO DI TANA TORAJA SULAWESI SELATAN. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 179-205. https://doi.org/10.15642/jpai.2016.4.2.179-205
Section
Articles