PENGEMBANGAN KAPASITAS GURU MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI MINU WARU SIDOARJO

  • Hanik Yuni Alfiyah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Asma’ Naily Fauziyah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Masfufah Masfufah Universitas Sunan Giri Surabaya

Abstract

Bahasa Indonesia:Artikel ini merupakan hasil penelitian jenis ParticipatoryActionResearch (PAR) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru di komunitas madrasah, yakni MINU Waru Sidoarjo dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Subjek penelitian terdiri dari 19 orang. Tahap-tahap penelitian meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam empat siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapastias guru MINU Waru Sidoarjo dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi meningkat melalui penerapan pelatihan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Ms. Power Point yang meliputi: 1) Pembuatan teks, tabel, grafik, flowchart, input gambar dan clipart; 2) Pembuatan animasi  pada slide, gambar, smart art; 3) Desain media pembelajaran yang meliputi pembuatan template,content/isi, hyperlink, dan slide master, serta 4) Pembuatan presentasi efektif dengan Ms. Power Point.English:This article is a report of Participatory Action Research (PAR), which aims to improve teacher capacity at Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU), Waru, Sidoarjo in developing technology-based learning media. Subject of the study consists of 19 people. The stages of research include planning, action, observation, and reflection in four cycles. The results showed that teachers’ capacity in developing media-based learning through the application of information technology increased through interactive learning media development of Ms. Power Point which includes the following activities: 1) creating text, tables, charts, flowcharts, input images and clipart; 2) Making an animation on a slide, picture, smart art; 3) Designing instructional media covering the manufacture of templates, content / content, hyperlinks, and slide master, as well as 4) Making an effective presentation by Ms. Power point.

Downloads

Download data is not yet available.

References

African Capacity Building Foundation (ACBF), “Capacity Needs Assessment: A Conceptual Framework,” ACBF Newsletter Vol. 2, (2001).

Anas,Muhammad.“Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di ProvinsiSulawesi Utara,”Jurnal Simposium Pendidikan, Vol.4.2, 2009.

Anelli, Milen. Pegangan Dasar Pengembangan Kapasitas, Terjemahan (Yogyakarta: Pondok Pustaka Jogja, 2004).

Arief am, http://abiavisha.blogspot.com/2014/03/bahan-ajarku-media-pembelajaran.html diakses pada 05 Januari 2015.

B.M., Miles& Huberman, D., Effective Teaching: Evidence & Practice, 2nd(London: Sage Publication, 1984).

D. J., Greenwood, Whyte, W. F., & Harkavy, I., “Participatory Action Research as a Process and as a Goal,”Human Relations, 46 (2), (1993).

Green, et.al, “Appendix C: Guidelines for Participatory Research in Health Promotion,” in Minkler, Meredith and Nina Wallerstein, ed. Community-Based Participatory Research for Health (San Francisco, CA: Jossey-Bass Inc.), 2003.

J. E., Kemp &D.K. Dayton, Planing and Producing Instructional Media (2nd Ed.) (New York: Harper and Row Publish Hers Cambridge, 1980).

J.M., Chevalier, and Buckles, D.J., Participatory Action Research: Theory and Methods for Engaged Inquiry(London: Routledge, 2013).

Mardapi,Djemari.Teknik penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes (Yogyakarta: Rosda, 2008).

P., Reason, and Bradbury, H., ‘Introduction’, in P. Reason and H. Bradbury, ed.The Sage Handbook of Action Research: Participative Inquiry and Practice (CA: Sage, 2008).

Sadiman,Arief, dkk., Media Pendidikan (Jakarta: Pustekkom Diknas & PT. Raja Grafindo Perkasa).

Suprapto, “Peningkatan Kualitas Pendidikan MelaluiMedia Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi di Sekolah,”Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol.3.1, 2006.

Suyanto, Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (Yogyakarta: DIKBUD, 1997).

Tiyuk Fu’adah (Guru Komputer), Wawancara pada tanggal 14 Januari 2015.

Wawancara terbuka dalam FGD dengan semua guru MINU Waru II Sidoarjo pada tanggal 8 januari 2015.

Wesley A., Fryer.“Strategy for effective Elementary Technology Integration”, dalamhttp://www.wtvi.com/teks/integrate/tcea2001/powerpointoutline, diakses pada 05 Januari 2015.

www.wikipedia.com, diakses pada tanggal 11 Mei 2014.

Zawidah Abdullah (Kepala Sekolah), Wawancara pada tanggal 8 Januari 2015.

Published
2016-05-02
How to Cite
AlfiyahH. Y., FauziyahA. N., & MasfufahM. (2016). PENGEMBANGAN KAPASITAS GURU MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI MINU WARU SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(1), 157-178. https://doi.org/10.15642/jpai.2016.4.1.157-178
Section
Articles