ANALISIS MATERI ASTRONOMI PADA PEMBELAJARAN SAINS (PENYAJIAN SAINS MODERN DAN ALQURAN)

  • Esti Yuli Widayanti STAIN Ponorogo
Keywords: Astronomy, Learning materials, Quranic, Verses, Interpretation, Teaching, Strategy,

Abstract

BAHASA INDONESIA:Menyandingkan sains dengan al-Quran dalam pembelajaran sudah banyak diperbincangkan, namun masih belum banyak dipraktikkan di pembelajaran sains sendiri, meskipun di sekolah berlabel agama. Hal ini disebabkan karena belum ada panduan khusus yang menyandingkan dua hal ini secara teknis. Buku-buku pelajaran masih memaparkan konsep secara ilmiah, sehingga yang disampaiakan guru juga hanya apa yang ada di dalam buku, yang kebetulan mereka jadikan acuan. Tujuan studi ini adalah memberikan sebuah acuan bagi para guru kelas di SD/MI dalam membelajarkan materi sains/IPA (meliputi fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori IPA) yang didukung dengan penyampaian ayat-al-Quran dan tafsitnya yang berkaitan dengan materi tersebut. Salah satu materi sains yang sangat menantang dan mengalami perkembangan yang signifikan dari masa ke masa adalah materi astronomi. Studi ini merupakan kajian kualitatif yang bertujuan menggambarkan dan mengungkap sebuah fenomena dalam hal penyampaian materi astronomi di SD/MI. Fenomena menarik disini berkaitan dengan bagaimana guru sains menyampaikan materi astronomi dengan yang dikuatkan dengan penyampaian ayat-ayat al-Qur’an serta tafsirnya yang terkait dengan materi astronomi SD/MI. Semakin terbuktinya ilmu astronomi yang diungkap di ayat-ayat al-Quran oleh hasil penelitian ilmiah, maka penyampaian ayat-ayat al-Qur’an bersamaan dengan materi sains adalah hal yang sangat penting. Hasil kajian meliputi tiga hal. Kajian pertama adalah analisis produk sains meliputi fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori. Untuk materi astronomi berdasarkan kurikulum 2006, diajarkan di kelas I, II, dan VI. Sedangkan berdasarkan kurikulum 2013, materi sains/IPA terkait astronomi disampaikan secara khusus di kelas VI. Kajian kedua mengidentifikasi ayat al-quran terkait dengan materi astronomi disesuaikan dengan ruang lingkup materi di SD/MI. Analisis terakhir yaitu strategi penyampaian ayat-al-Qur’an sebagai penguat materi astronomi adalah model terpadu dengan direct instruction. ENGLISH:There are a bunch of topics about the between Science and Koran. However, it has not practiced yet in science learning process, even in Islamic school. It is because the shortage of particular guidance that bring to a close between Science and Koran technically. Science book only discusses the concept scientifically. So, teachers only teach materials that are in book that coincidently they use it as source book. The purpose of this research is giving guidance for teachers in Public or Private Islamic Elementary School in teaching science (including fact, concept, principle, law, and science theory). Then, it is supported by delivering Koran verses and exclamation of passages of Koran by supplying additional material that relates to the material. One of science materials that is challenging and having significant development from time to time is Astronomy.  This research used qualitative method that has purpose to draw and explain the phenomenon in delivering Astronomy material in Public or Private Islamic Elementary School. Interesting phenomenon here relates to how science teachers deliver Astronomy material strengthened by delivering Koran verses and exclamation of passages of Koran by supplying additional material about Astronomy for Elementary students. The more Astronomy proves the truth of Koran by scientific research, the more important both Koran and science should be learned together. There are three results of this study.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an dan Terjemahannya

Dirjen Diktis, Pembelajaran Al-Quran dan Hadis (Pembelajaran Memahami Kandungan Al-Qur’an dan Hadist) (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam. 2010).

Jamiludin. Integrasi Pendidikan Islami: Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran.

Mohd Yakub Zulkifli and majid Daneshgar, Islam and the relation of science. Presnted paper on 2011 International Conference on Humanities, Society and Culture, IPEDR Vol.20 (2011). Siangapore: IACSIT Press.

Nanang Gojali, Manusia, Pendidikan, dan Sains dalam Perspektif Tafsir Hermeneutic (Jakarta: Rineka Cipta, 2004).

Zakir Na’ik. Qur’an and Modern Science; Compatibel or Incompatible. (Riyadh: Dar-US-Salaam, 2007)

Wenny Wulandari, et al, Mengaji Keilmiahan Ayat-ayat Sains dalam Al-Qur’an terhadap Ilmu Pengetahuan Modern. Makalah Studi Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Published
2016-02-01
How to Cite
WidayantiE. Y. (2016). ANALISIS MATERI ASTRONOMI PADA PEMBELAJARAN SAINS (PENYAJIAN SAINS MODERN DAN ALQURAN). Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(1), 140-160. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.1.140-160
Section
Articles