IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP RELIGIUS SISWA MELALUI BIDANG STUDI BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH

  • Achmad Sultoni Universitas Negeri Malang
Keywords: Curriculum 2013, Religious competency, Biology, Madrasah Aliyah,

Abstract

Bahasa Indonesia:Akhir-akhir ini muncul beragam persoalan moral dan karakter pada remaja dan pelajar di Indonesia. Untuk mengatasi permasalahan ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meminta sekolah-sekolah menerapkan Kurikulum 2013. Salah satu ciri kurikulum ini adalah adanya kompetensi sikap religius yang harus dicapai melalui seluruh bidang studi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi penerapan Kurikulum 2013 bidang studi Biologi dalam mengembangkan kompetensi sikap religius siswa MAN 3 Malang. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif model penelitian lapangan yang bersifat deskriptif diperoleh sejumlah temuan: pertama, pengembangan sikap religius dilakukan melalui penulisan rumusan tujuan pembelajaran dan penyampaian salam serta berdo’a di awal pembelajaran; kedua, pelaksanaan pengembangan sikap religius dilakukan dengan cara menyampaikan salam dan do’a di awal pembelajaran, menghubungkan materi pembelajaran dengan ajaran Islam, menyampaikan salam dan berdo’a kafaratul majlis di akhir pembelajaran, dan menegur siswa yang dianggap melanggar aturan Islam; ketiga, hambatan pengembangan sikap religius berupa tidak tersedianya contoh atau panduan penilaian kompetensi sikap religius. English:Recently many kinds of youth and students’ moral-character issues becomes a concern in Indonesia. To cope with these problems, Ministry of Education and Culture called for the implementation of Kurikulum 2013 (the national education curriculum). One of the curriculum characteristics is the religious competency to achieve in every school subjects including Biology. This research is aimed to evaluate implementation of Kurikulum 2013 in developing students’ religious attitude through Biology class in MAN 3 Malang. The field research with qualitative approach and descriptive design found that: first, the development of students’ religious competency is managed by teacher by formulating religious competency objective and accustoming salam and praying before the class begins; second, in the process of instruction, the teacher develop religious competency in four ways: salam and praying at introduction, finding relationship between Biology to Islamic teaching, salam and praying kafaratul majlis in closing the class, and admonishing students breaking the rules; last, this attitude development is constrained by the absence of evaluation guide.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, D. Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matapelajaran Biologi Kelas X Tahun pelajaran 2014/2015.

Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc., 1982.

Depag RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya.Bandung: CV Penerbit J-ART, 2005.

Idris, A. Manan et al. Aktualisasi Pendidikan Islam: Respons Terhadap Problematika Kontemporer. Surabaya: Hilal Pustaka, 2009.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA). Jakarta: TP., 2013.

Kunandar. Guru Profesional: Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007.

Madjid, Nurcholish. Islam Agama Peradaban: Membangun Makna dan Relevansi Doktrin Islam dalam Sejarah. Jakarta: Paramadina, 1999.

Muhaimin, dan Abdul Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya, 1995.

Al-Munawwar, Said Agil. Islam dan Masa Depan Umat. Jakarta: Zikrul Hakim, 2004.

Mursalim. “Do’a dalam Perspektif al-Qur’an” dalam Jurnal Al-Ulum vol. 11, no. 1, Juni 2011.

Pusat Kurikulum. Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: TP., 2009.

Sabiq, Sayyid. Fikih Sunnah 4. Terj. Mahyuddin Syaf. Bandung: PT. Alma’arif, T.thn.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. diakses tanggal 13 September 2014, http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/files/peraturan/permen/04-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-66-th-2013-tentang-standar-penilaian.pdf.

Salinan Lampiran 1 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 sekolah menengah atas/madrasah aliyah, diakses tanggal 9 September 2014, http://jdih.kemdikbud.go.id/asbodoku/media/peruu/permen_tahun2014_nomor059.zip.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, diakses tanggal 13 September 22014, http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/2009/06/03.-A.-Salinan-Permendikbud-No.-65-th-2013-ttg-Standar-Proses.pdf.

Salinan Lampiran IV Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum, 5, Diakses Tanggal 10 September 2014, http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/ Permendikbud81A-2013ImplementasiK13Lengkap.pdf.

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1998.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2010.

Wijayanto, Iip. Sex In The Kost. CV. Qalam: Yogyakarta, 2003.

Yahya, Harun. Melihat Kebaikan dalam Segala Hal. Terj. Aminah Mustari. Jakarta: Senayan Abadi Publishing, 2003.

“Gawat, 47 persen Pelajar Pengguna Narkoba”, terakhir dirubah tanggal 19 Februari 2011, diakses tanggal 12 September 2014, http://www.antaranews.com/berita/246764/gawat-47-persen-pelajar-pengguna-narkoba.

“Mr.Jacques Yves Costeau: Masuk Islam Setelah Temukan Mukjizat 'Sungai di dalam Laut'”, terakhir dirubah tanggal 12 Maret 2010, diakses tanggal 12 Agustus 2014,

http://www.voa-islam.com/read/citizens-jurnalism/2010/03/11/3797/ mr.jacques-yves-costeaumasuk-islam-setelah-temukan-mukjizat-#sthash.5QsBHShI.dpuf

“Prestasi” Profil Madrasah, diakses tanggal 12 Agustus 2014, http://www.man3malang.com/tag/prestasi/page/1.

“Tiga Masalah Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013”, dirubah terakhir tanggal 16 Oktober 2014, diakses tanggal 22 November 2014, http://news.okezone.com/read/2014/10/16/65/1052959/tiga-masalah-guru-dalam-implementasi-kurikulum-2013.

Harian Pagi Surya (edisi17 April 2011), 5.

Published
2016-12-15
How to Cite
SultoniA. (2016). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP RELIGIUS SISWA MELALUI BIDANG STUDI BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(1), 68-91. https://doi.org/10.15642/jpai.2016.4.1.68-91
Section
Articles