DESAIN MATERI PENDIDIKAN KOSMOLOGI (KAWNIYYAH) PERSPEKTIF AL-QURAN

  • Ah. Zakki Fuad Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Cosmology, Instructional Materials, Al-Quran

Abstract

Bahasa Indonesia:Eksploitasi dan pemanfaatan sumber kekayaan alam yang berlebihan dan tidak terkendali di Indonesia telah mengakibatkan banyak  bencana alam yang menelan  korban jiwa dan harta. Bencana alam ini tidak akan terjadi apabila manusia mempunyai hubungan dan pengetahuan yang baik tentang alam semesta. Hal yang harus dilakukan adalah menyiapkan generasi masa depan dengan bekal ilmu yang cukup tentang kosmos/alam semesta/kawniyyah melalui lembaga-lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan sebagai desainer harus menyiapkan materi pendidikan kosmologi bagi peserta didik yang baik dan aplikatif. Materi pendidikan kosmologi banyak ditemukan dalam ayat-ayat kawniyyah  dalam al-Quran, tetapi ayat-ayat tersebut masih belum didesain sebagi sebuah teori yang aplikatif bagi lembaga pendidikan. Dengan pendekatan tematik (mawdhu’i)  ayat-ayat al-Quran yang masih sangat luas bisa dibuat menjadi desain materi pendidikan kosmologi bagi lembaga pendidikan. Materi pendidikan kosmologi dalam al-Quran dibagi menjadi tiga jenis; 1) Kosmologi daratan yang meliputi bumi, tanah, tumbuh-tumbuhan dan hewan. 2) Kosmologi lautan yang meliputi air dan perikanan. 3) Kosmologi angkasa yang meliputi matahari, bulan, bintang, awan, hujan dan angin. Pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang kosmologi akan menghindarkan manusia dari musibah dan bencana alam.  English:Uncontrolled exploitation and utilization of natural resources in Indonesia has caused several natural disasters with victims and financial-material loss. The disasters would not happen if human beings has better understanding about the universe. Therefore, the next generations must be prepared with cosmology/kawniyyah in educational institutions. A more applicative cosmology in school is urgently needed. In a framework of thematic approach, Quranic verses is widely opened for the instructional material in educational institutions. Cosmological mystery in the Quran is defined into the following three categories: (1) land cosmology involving the earth, soil, plants, and animals; (2) sea cosmology including water and fishes; and (3) space cosmology mentioning the sun, the moon, clouds, rains, and winds. Better understanding of cosmology prevents human beings from natural disaster.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M. 1993, Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner (Jakarta: Bumi Aksara).

Departemen Agama RI., 2009, Al-Qur’an dan Terjemahannya (Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah dan Penafsir al-Qur’an).

Farmawi, Abd Hayy, 2002, Al-Bidayah fi al-Tafsir Maudhu’i, Dirasah Manhajiyyah Maudhu’iyyah, Terj. Rosihan Anwar (Bandung: Pustaka Setia).

Ibnu Jawzi, Zad al-Masir, dalam Al-Maktabah al-Syamilah, Akbar al-Mausuah Islamiyyah, Ihdhar Thani.

Ibnu ‘Ashur, Al-Tahrir wa Al-Tanwir dalam Al-Maktabah al-Syamilah, Akbar al-Mausuah Islamiyyah, Ihdhar Thani.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2005 (Jakarta: Balai Pustaka).

Nasir, Ridlwan, 2003, Memahami al-Quran Perspektif Baru Tafsir Muqarrin (Surabaya: Indra Media).

Tim Penulis Bahan Ajar PLPG, 2011, Perangkat Pembelajaran (Surabaya: LPTK Fak. Tarbiyah Surabaya).

Published
2016-02-07
How to Cite
FuadA. Z. (2016). DESAIN MATERI PENDIDIKAN KOSMOLOGI (KAWNIYYAH) PERSPEKTIF AL-QURAN. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 137-156. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.137-156
Section
Articles