POLA PENDIDIKAN NABI YA’QUB A.S. DALAM MENDIDIK NABI YUSUF A.S. PERSPEKTIF AL-QUR’AN
Abstract
Metode pengajaran yang tergambar dalam kisah Nabi Ya’qub dan Nabi Yusuf berupa dialog interaktif yang memberikan panduan akan aksi pendidik dan reaksi anak didik. Sedangkan kompetensi pendidik dan etika anak didik dapat dijelaskan sebagai sikap-sikap yang mesti dimiliki oleh komunitas pendidikan; seperti kesabaran, menjaga rahasia, mengembangan bakat secara individual, melihat kondisi sosial terlebih dahulu jika akan menyampaikan sesuatu, mentakwilan mimpi, kasih sayang, mampu memanfaatkan situasi, mudah memaafkan, mendoakan pihak lain, serta bersikap pasrah dan tunduk. Sebagai pendidik dan anak didik, jika mampu menerapkan pola pendidikan seperti digambarkan di atas, maka insyaallah akan terlahirkan generasi yang baik, unggul dan kompetitif karena terlahir dari pola pendidikan Qur’ani.Downloads
References
Abdullah Bin Muhammad Bin Abdurrohman Bin Ishaq, 2004, Tafsir Ibnu Katsir (Bandung: Pustaka Imam Syafi’I).
Al-Baqiy, Karim Muhammad Fu’ad Abd., al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fazh al-Qur`an alKarim (Kairo: Dar al-Hadis).
Departemen Agama Republik Indonesia, 2002, Al-Qur’an dan Terjemahannya (Surabaya: Al-Hidayah)
Departemen Agama Republik Indonesia, 1989, Al-Qur’an dan Terjemahannya (Semarang : CV Toha Putra).
Ibnu ‘Adil, Tafsir al-Lubab, Juz V.
Shihab, M. Quraish, 2002, Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian AQur’an (Jakarta: Lentera Hati).
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.