PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER
Abstract
Tulisan ini berupaya mendeskripsikan konsep perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Perencanaan pembelajaran berbasis karakter merupakan seperangkat materi dan alat yang dipersiapkan guru ketika akan mengajar dengan mengedepankan aspek afektif dan nilai-nilai karakter yang luhur dalam perencanaannya untuk diinternalisasikan ke dalam diri murid-muridnya. Perencanaan pembelajaran berbasis karakter adalah model perencanaan dalam pembelajaran yang mengedepankan aspek penanaman nilai-nilai moral atau karakter bagi peserta didik. Ada banyak dimensi yang harus diperhatikan dalam menyusun perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Perencanaan pebelajaran berbasis karakter sangat bermanfaat bagi stakeholders pembelajaran Karakter.Downloads
References
Ahmad Rohani, 2004, Pengelolaan Kelas (Jakarta: Rineka Cipta).
A. Madjid, 2006, Perencanaan Pembelajaran (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).
Evi Fatimatur Rusydiyah, 2009, Perencanaan Pembelajaran (Surabaya: LAPIS-AUSAID).
Hanun Asroha, 2010, Perencanaan Pembelajaran (Surabaya: Kopertais IV-Pemprov Jatim).
Hanun Asroha, “Kabijakan Nasional dan Paradigma Pendidikan Karakter di Indonesia”. Makalah disampaikan pada acara International Conference dengan tema Expressions of Islam in Recent Southeast Asian’s Politics, di Gedung Rektorat IAIN Suanan Ampel pada 11 Oktober 2010.
Harjanto, 2006, Perencanaan Pengajaran (Jakarta: Rineka Cipta).
Hamzah B. Uno, 2008, Perencanaan Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara).
Ratna Megawangi, 2004, Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa (Jakarta: Indonesia Heritage Foundation).
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.