ETIKA PELAJAR DALAM PERSPEKTIF IBN JAMA’AH

  • Ahmad Yusam Thobroni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Ibn Jama’ah, Guru, Pelajar

Abstract

Tulisan ini memaparkan tentang “Etika Pelajar dalam Perspektif Ibn Jama’ah”. Konsep pendidikan Ibn Jama’ah merupakan konsep pendidikan yang cenderung memposisikan pelajar sebagai objek dalam pendidikan, sehingga pelajar kurang mendapat kesempatan untuk ‘diberdayakan’. Pelajar hanya dipandang sebagai manusia yang menerima dan menyimpan segala pengetahuan yang diperolehnya dengan tanpa diberi kesempatan untuk bersikap aktif, kreatif dan inovatif.  Oleh karena itu konsep ini kurang relevan jika diterapkan pada konsep pendidikan sekarang yang membutuhkan paradigma baru dengan memposisikan pelajar sebagai subjek dalam kegiatan belajar-mengajar. Meski demikian, tidak semua pemikiran Ibn Jamaa’ah yang berkaitan dengan konsep pendidikan tidak sesuai dengan kondisi kekinian, karena sebagian konsep pendidikan yang ditawarkan masih relevan dan cocok jika diterapkan pada pelaksanaan pendidikan saat ini (misalnya, pemikirannya berupa pelajar harus selalu menghiasi dirinya dengan akhlak mulia ketika menuntut ilmu).  Oleh karena etika merupakan media self-control (pengawasan melekat) terhadap diri pelajar yang dapat menghindarkannya dari hal-hal negatif, dimana hal ini berguna untuk mendukung kesuksesannya dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Ibn Hanbal, Musnad Ahmad bin Hanbal, no. hadis 21152, CD ROM Mausū’ah al-Hadis al-Syarīf (Kuwait: Sakhr al-‘Alamiah Software, 1996)

Abd al-Jawad Khalaf, Al-Qādli Badruddin Ibn Jamā’ah Hayātuhu Wa Atsaruhu, (Pakistan: Jami’ah al-Dirasah al-Islamiyyah,1988).

Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, (Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2000)

Abd. al-Amir Syamsuddin, al-Mazhab al-Tarbawiy ‘inda Ibn Jamā’ah (tt.: Dar Iqra’, tth.)

Ali Ashraf, Horizon Baru Pendidikan Islam (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1993)

Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995)

Departemen Agama RI, Al-Quran danTerjemahnya (Jakarta:PT.Bumi Restu,1976).

Hasan Ibrahim Abd ‘Al, Al-Fikr al-Tarbawiy ‘inda Badruddin Ibn Jamā’ah dalam Min A’lām li al-Tarbiyah al-Islamiyyah, jilid III (tt.: Maktabah al-Tarbiyah al-‘Arabi li dauli al-Khalij, tth.)

Ibn Jama’ah Al-Kinaniy, Tazkirah al-Sāmi’ wa al-Mutakallim fi Adab al-Ālim wa al-Muta’allim (Beirut:Dar al-Kutub al-Ilmiyah,tth.)

Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar (Jakarta: PT. Rineka Cipta,1999)

M. Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama; di Lingkungan Sekolah dan Keluarga (Jakarta: Bulan Bintang, 1976)

Paulo Freire, Pedagogy Of The Oppressed, diterjemahkan oleh Tim Redaksi LP3ES dengan judul Pendidikan Kaum Tertindas (Jakarta: LP3ES, 2000)

Suwito, Pendidikan Yang Memberdayakan, dalam pidato pengukuhan Beliau sebagai guru besar sejarah pemikiran dan pendidikan Islam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2002.

Published
2016-02-03
How to Cite
ThobroniA. Y. (2016). ETIKA PELAJAR DALAM PERSPEKTIF IBN JAMA’AH. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 303-318. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.303-318
Section
Articles