Membangun Etika dan Kepribadian di Lembaga Pendidikan Islam: Sebuah Perspektif Psikologi Qur’ani

  • Ah. Zakki Fuad UIN Sunan Ampel
  • Jauharoti Alfin UIN Sunan Ampel
  • Ahmad Munjin Nasih Universitas Negeri Malang

Abstract

Bahasa Indonesia:Lembaga pendidikan Islam mempunyai tanggung jawab yang besar dalam membangun etika dan kepribadian peserta didiknya. Tantangan pendidikan Islam sekarang ini adalah munculnya  pergeseran tata nilai etika dan kepribadian di masyarakat karena pengaruh globalisasi, kemajuan teknologi, problematika sosial serta disparitas kemampuan ekonomi yang berbeda yang secara tidak langsung memunculkan konflik sosial, disharmonisasi hubungan orang tua dengan anak, guru dengan murid dan lain sebagainya. Al-Qur’an sebagai sumber penggalian keilmuan telah menawarkan konsep pembangunan etika dan kepribadian (ethics and personality development) bagi manusia, khususnya peserta didik di lembaga pendidikan  melalui psikologi qur’ani. Konseptualisasi dan teorisasi psikologi qur’ani dalam tulisan ini menggunakan content analisis dengan langkah-langkah; Unitizing, Sampling, Recording, Reducing, Inferring, Anayzing and Narrating. Langkah-langkah metodologis ini akan menghasilkan konsep psikologi yang bersumber dari al-Qur’an dan dikombinasikan dengan beberapa teori psikologi; Connectionism theory, Classical Conditioning, Operant Coditioning, Contiguous Conditioning, Cogitive theory, Social Learning Theory.  Hasilnya membangun rumusan bagaimana membangun etika dan kepribadian  Qur’ani bagi peserta didik di Lembaga Pendidikan Islam. English:Islamic educational institutions have a great responsibility in building learners’ ethics and personality. The challenge of Islamic education today is the emergence of a shift in ethical and personality values in society due to the influence of globalization, technological advancement, social problems, and economic disparities, which indirectly bring about social conflicts, parents-children slack relationships, as well as teachers-students weak engagement. Al-Qur'an as a source of scientific exploration has offered the concept of ethical and personality development (human ethics and personality development), especially for learners in educational institutions through Quranic psychology. The conceptualization and theorization of Quranic psychology in this paper makes use of content analysis with the following step: Unitizing, Sampling, Recording, Reducing, Inferring, Analyzing, and Narrating. These methodological steps results in the psychological concept rooted in the Qur’an to combine with some modern psycological theories, including Connectionism theory, Classical Conditioning, Operant Coditioning, Contiguous Conditioning, Cogitive theory, and Social Learning Theory. The results construct a mechanism of how to build Quranic ethics and personality for learners in Islamic educational  institutions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Muhammad. Rekonstruksi atas Moralitas Pendidikan. Yogyakarta: Primasophie, 2003.

Ahmadi, Abu. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Aly, Noer. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Anderson, Orin and Krathwohl, David R. A Taxonomi for Learning; Teaching and Assassing, A Revision of Bloom’s Taxonomi of Educational Objectives. New York: Longman Press, 2001.

Attas (al), Naquib. Islam dan Secularisme. Terj. Karsidjo. Bandung: Pustaka, 1981.

Banna (al), Hasan. Majmu>’ Al-Rasail al-Ima>m as-Syahi>d Hasan Al-Banna>. Kairo: Dar al-Da’wah, 141 H.

Baqi (al), Fuad Abd. Mu'jam al-Mufahras li alfâd al-Qur'an. Kairo: Da>r al-Fikr, l992.

Bloom, Benyamin S. Taksonomy of Educational Objectives; The Clasification of Educational Goals, Handbook 1 Cognitive Domain. London: Longman Group Ltd, 1979.

Farmawi (al), Abd al Hayy. Al-Bidayah Fi al-Tafsi>r al-Maudhu'i>. Mesir: Maktabah al-Jumhuriyah, l977.

Ghazali (al). Ihya>’ ‘Ulu>m al-Di>n, Juz III,(Beirut, Da>r al-Kutu>b al-‘Ilmiyah, t.t.

Ibrahim, Ismail. Mu'ja>m alfâd wa a'la>m al- Quraniyah, Juz II. Kairo: Dâr al-Fikr al-Arabi>, 1968, Cet. 2.

Jamali (al), Muhammad Fadil. Al-Falsafah al-Tarbiyyah fi al-Qur’an. Beirut: Da>r al-Kita>b al-Jadi>d, 1966.

Khaldun, Ibnu. Al-Mukaddimah Ibn Khaldun, Terj. Thoha. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2001.

Krippendorff, Klaas. Content Analysis, An Introduction to Its Theory and Methodology. Terj. Farid Wajidi. Jakarta: Raja Grafindo, 1993.

Ma’luf, L. Kamus al-Munjid. Beirut: Da>r al-Mashri>q, 1986.

Miskawaih, Ibnu. Tahdzib al-Akhlaq, terj. Helmi Hidayat. Bandung: Mizan, 1994.

Muchlas, Imam. Himpunan Orasi Ilmiah Pengukuhan Guru Besar IAIN Sunan Ampel. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2004.

Muhadjir, Noeng. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Rakesarasin, 1987.

Mursa, Muhammad Munir. Al-Tarbiyah al-Islamiyyah: Ushuluha> wa Tathawwuruha> fi> al- Bila>d al-‘Arabiyyah. Kairo: ‘Alam al-Kutu>b, 1977.

Nahlawi (al), Abd Rahman. Usu>s al-Tarbiyyah wa al-Turu>q al-Tadri>suha>. Damaskus: Da>r al-Fikr, tt.

Nasir, Ridlwan. Memahami al-Qur’an Perspektif Baru Tafsir Muqarrin. Surabaya: Indra Media, 2003.

Nata, Abudin. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.

_______________. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam; Suatu Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Nggermanto, Agus Quantum Quotient. Bandung: Nuansa, 2001.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1993.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 1996.

Qurtubi (al), Abi Abdullah Muhammad bin Ahmad. Al-jamî' al- Ahkâm al-Qur'an, Juz II. Kairo: Da>r Kutu>b al-Arabi>, 1967.

Quthb, Muhammad. Sistem Pendidikan Islam. Bandung: al-Ma’arif, 1993.

Rahma>n, Faz}lur. Indeks al-Qur’an. Jakarta: Amzah, 2009.

Ridha, Jawwad. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.

Said. Etika Masyarakat Indonesia. Jakarta: Pradnya Paramita, 1976.

Salam, Burhanuddin. Etika Individual; Pola Dasar Filsafat Moral. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Shihab, M. Quraish. Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1998.

Software Maktabah al-Shamilah; Akbar Mausu’ah al-Islamiyyah, Ihdhar Thani.

Software The Holly Qur’an versi 7.10, Harf information Tecnology tahun 2000 M.

Subrata, Hadi. Mengembangkan Kepribadian Anak Balita. Jakarta: Gunung Muria, 1997.

Syah, Muhibbin. Psiklogi Belajar. Jakarta: Rajawali Press, 2009.

Syaibany (al), Omar Toumy. Falsafah al-Tarbiyyah al-Isla>miyyah, Terj. Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang, tt.

T}abari> (al), Ja'far Muhammad bin Jari>r. Tafsi>r at-T}abari>, Juz II. Beirut: Da>r al-Fikr, 1978.

Tobroni dan Arifin, Syamsul. Islam Pluralisme Budaya dan Politik. Yogyakarta: SiPress, 1994.

Ulwan, Abdullah Nasih. Tarbiyah al-Aula>d fi al-Isla>m. Beirut: Da>r as-Sala>m, t. t.

Ya’qub, Hamzah. Etika Islam. Bandung: Rineka Cipta, 1983.

Published
2017-11-02
How to Cite
FuadA. Z., AlfinJ., & NasihA. M. (2017). Membangun Etika dan Kepribadian di Lembaga Pendidikan Islam: Sebuah Perspektif Psikologi Qur’ani. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 309-338. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.309-338
Section
Articles