UPAYA MANAJERIAL PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM UNGGULAN DI MADRASAH ALIYAH

  • Sudarsono Sudarsono Kemenag Kabupaten Trenggalek
Keywords: Strategic Management, Curriculum Development, Special Quality Program, Islamic High School,

Abstract

Bahasa Indonesia:Peningkatan mutu pendidikan melalui program unggulan yang diselenggarakan di Madrasah Aliyah turut serta  meningkatkan kualitas output pendidikan nasional untuk merespon krisis dalam dimensi kualitas sumber daya manusia maupun krisis dalam bidang identitas dan moralitas manusia Indonesia. Tulisan ini berupaya untuk menyampaikan pandangan tentang upaya manajerial pengembangan kurikulum untuk program-program unggulan dalam konteks Madrasah Aliyah. Manajemen pengembangan kurikulum program unggulan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum. Perencanaan kurikulum yang dilakukan dalam mencapai tujuan kurikulum adalah kurikulum yang digunakan adalah kurikulum “SNP Plus X Adaptif Cambridge”, sehingga siswanya dapat mengikuti ujian Cambridge, sukses ujian nasional dan sukses OSN (olimpiade sains nasional). Dalam pelaksanaan kurikulum mengacu pada silabus dan RPP yang telah dirancang awal ajaran melalui workshop. Evaluasi kurikulum program unggulan dilaksanakan dalam bentuk evaluasi formatif dan evaluasi sumatif untuk mengukur keberhasilan peserta didik dan digunakan sebagai umpan balik bagi peserta didik. English:Quality of education improvement via special quality program in higher Islamic school has been participating in increasing the national education quality to respond multi-dimensional crisis, such as human resource quality and identity-morality issues. This paper attempts to provide opinion about managerial efforts in curriculum development for the special quality program in higher Islamic schools. The management involves planning, implementing, and evaluating curriculum. The planning is managed to under the framework of “SNP Plus X Adaptif Cambridge” curriculum so that the students are expected to pass The National Examination and National Science Olympiade. The implementation of curriculum refers to syllabus and lesson plans as a workshop product in the beginning of semester. The evaluation of curriculum makes use both formative and summative curriculum to maeasure students’ achievement and to provide feedbacks for them.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, Rachman, Tim Konsultan Proyek Peningkatan Mutu SMU Paket- 2, Panduan Pelatihan Untuk Pengembangan Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2000.

BSNP, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006.

Crawford, M., N. Bennet, C. Riches, Managingange in Education: Individual and Organization Perspektif. London: Paul Chapman Publishing Co, 1992.

Dikmenum, Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah: Suatu Konsepsi Otonomi Sekolah. Jakarta: Depdikbud, 1999.

Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2006.

Hamalik, Oemar, Evaluasi Kurikulum.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1990.

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum.Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2008.

Harsono, Pengantar Problem-Based Learning. Yogyakarta: Medika, 2005.

Hasan, S.Hamid, Evaluasi Kurikulum.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Lawrence, Grayson, On a Methodology for Curriculum Design. Engineering Education, 1978.

Manjta, W., Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media, 2002.

Marty, Nurdin, Implementasi Dasar-dasar Manajemen Sekolah Dalam Era Otonomi Daerah. Yogyakarta: Arruz Media, 2008.

Mohrman, Susan Albers, et.al., School Based Management: Organizing for High Performance. San Francisco: Mc Gill Publishing, 1994.

Muhaimin, Manajemen Penjaminan Mutu di Universitas Islam Negeri Malang. Malang: UIN, 2005.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Muslich, Masnur, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Nasution, Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Neil, John D. Mc., Kurikulum (sebuah pengantar komprehensif). Jakarta; Wira Sari, 1988.

Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Prawiradilaga, Dewi Salma, Mozaik Tekonologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2004.

Purwanto, Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan.Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, 1998.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2006.

Rosyadi, Khoiron, Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Rusman, Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Semiawan, Conny R., Soedijarto, Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI.Jakarta: PT. Grasindo, 1991.

Siagian, Sondang P., Fungsi-Fungsi Manajerial.Jakarta: Penerbit Bumi Aksara, 1992.

Sudrajad, H., Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.Bandung: CV. Cipta Cekas Grafika, 2005.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum, Praktek dan Teori.Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Universitas Gajah Mada, Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UGM, 2004.

Victorian's Departement of Education, How Good is Our School: School Performance for School Councillors. Australia, Melbourne, 1998.

Widjaya, AW., Perencanaan sebagai Fungsi Manajemen.Jakarta. PT Bina Aksara, 1987.

Published
2016-05-02
How to Cite
SudarsonoS. (2016). UPAYA MANAJERIAL PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM UNGGULAN DI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(1), 92-115. https://doi.org/10.15642/jpai.2016.4.1.92-115
Section
Articles