URGENSI PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

  • M. Nadlir Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Pembelajaran, Kearifan Lokal

Abstract

Tulisan ini mengurai pentingnya pembelajaran berbasis kearifan lokal di dalam dunia pendidikan. Pembelajaran di lembaga pendidikan terdiri atas berbagai materi ajar (subject matter), dimana setiap materi tersebut sudah ditentukan target-target pembelajarannya. Tanpa mengganggu sama sekali setiap materi ajar tersebut, bahkan memperkuatnya, muatan kearifan lokal perlu dimasukkan. Apapun yang diterima peserta didik merupakan sebuah materi ajar, baik berupa teori, praktik, contoh-contoh soal maupun sikap pendidik itu sendiri. Menggambarkan secara jelas kekhasan materi ajar, ruang kelas, lingkungan pendidikan maupun buku-buku/ media pendidikan menjadi sebuah kebutuhan lembaga pendidikan agar dapat diterima efektif oleh peserta didik. Pengintegrasian akan efektif jika muatan kearifan lokal dapat masuk menjadi materi ajar pokok yang tidak sekedar asal dapat ditempelkan. Dalam Pendidikan Agama, misalnya, perlu dapat menjelaskan hukumnya berwirausaha, berbisnis, belajar, bercocok tanam, memanfaatkan lahan kosong di bawah tegakan tanaman, mengolah makanan secara alami tanpa pewarna maupun pengawet buatan, mensyukuri kekayaan hayati, dan lain-lain. Di dalam PKn perlu untuk menjelaskan posisi negara yang penuh hutang, perlunya membangun kemandirian ekonomi, perlunya mencintai hasil produksi dalam negeri maupun praduk lokal dan lain-lain. Materi ajar Bahasa Indonesia dapat mengarahkan kesadaran anak tentang kearifan lokal melalui pelajaran mengarang, membuat puisi ataupun membuat peribahasa dengan tema-tema lokal. Demikian pula pada IPA, IPS, Seni Budaya dan Ketrampilan, Pendidikan kesehatan, berbagai materi ajar dasar maupun pengembangan diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Irwan, 2009, Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cet. III).

Anna Sri Marlupi, Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal, dalam http://www.pangudiluhur.org/berita/pendidikan-berbasis-kearifan-lokal-oleh-anna-sri-marlupi-s-s.104.html (Akses pada 17 Oktober 2014).

Akhsan Sukroni, Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal, dalam http://www.unmabanten.ac.id/index.php/kumpulan-artikel-opini/140-pendidikan-karakter-berbasis-kearifan-lokal (Akses pada 17 Oktober 2014).

Blum, Lawrence A., 2001, Antirasisme, Multikulturalisme, dan Komunitas Antar-Ras (Yogyakarta: Tiara Wacana).

Dinar Pratama, dalam http://bangka.tribunnews.com/2014/05/21/opini-pendidikan-karakter-berbasis-kearifan-lokal (Akses pada 17 Oktober 2014).

Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Departemen Dalam Negeri, 2007, Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2007 tentang Pedoman Fasilitasi Organisasi Kemasyarakatan Bidang Kebudayaan, Keraton, dan Lembaga Adat dalam Pelestarian dan Pengembangan Budaya Daerah.

Eri Irawan, dalam http://researchengines.educationcreativity.com/ 0106eri.html (Akses 17 Oktober 2014).

Haris, Abd., 2010, Strategi Pengembangan Perguruan Tinggi Islam Berbasis Kearifan Lokal di Tengah Tantangan Globalisasi, Makalah tidak Publikasi.

http://sosbud.kompasiana.com/2013/12/17/pendidikan-karakter-berbasis-kearifan-budaya-lokal-619934.html (Akses 17 Oktober 2014).

Khasan Ubaidillah, “Integrasi Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter”, dalam http://qudsiyyah.com/2013/12/integrasi-kearifan-lokal-dalam-pendidikan-karakter/ (Akses 17 Oktober 2014).

Majalah El-Qudsy, Edisi 21 tahun 2013.

Palmer, J. Parker, 2009, Keberanian Mengajar (Jakarta: Permata Puri Media).

Setiawan, Benni, 2008, Agenda Pendidikan Nasional (Yokyakarta: Ar-Ruz Media Group).

Tobroni, Relasi Kemanusiaan dalam Keagamaan (Mengembangka Etika Sosial Melalui Pendidikan) (Bandung: CV. Karya Putra Darwati, 2012).

Widjajaputra, Bima, 2008, ”Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dan Hak-hak Anak”, dalam Rambu-Rambu Pelaksanaan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dan Hak-Hak Anak (Bantul: SD Sendangsari).

Published
2016-02-04
How to Cite
NadlirM. (2016). URGENSI PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 299-330. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.2.299-330
Section
Articles