KONSERVASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM HIDDEN CURRICULUM SEKOLAH

  • Fathurrohman Fathurrohman DPK UIN Sunan Ampel di STAI Taruna Surabaya
Keywords: Pendidikan Karakter, Hidden Curriculum

Abstract

Pendidikan di negeri ini hingga sekarang masih menyisakan banyak persoalan, baik dari segi kurikulum, manajemen, maupun para pelaku dan pengguna pendidikan. SDM Indonesia masih belum mencerminkan cita-cita pendidikan yang diharapkan. Masih banyak ditemukan kasus seperti siswa melakukan kecurangan ketika sedang menghadapi ujian, bersikap malas dan senang bermain, hura-hura, senang tawuran antar sesama siswa, melakukan pergaulan bebas, hingga terlibat narkoba dan tindak kriminal lainnya. Kenyataan membuktikan bahwa Indonesia banyak bermasalah dalam hal karakter. Hal ini berarti bangsa Indonesia yang didominasi oleh umat Islam belum mengamalkan ajaran agama dengan baik. Untuk itu, perlu menjadikan pendidikan karakter Islami sebagai pondasi utama dalam membangun karakter manusia. Dengan agamalah karakter yang seutuhnya bisa dibangun. Namun demikian, untuk zaman sekarang masih diperlukan metode dan strategi yang dikembangkan oleh para ahli moral melalui hidden curriculum di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dokumen perangkat pembelajaran PAI SDN Sawotratap I Gedangan-Sidoarjo tahun pelajaran 2013/2014

Erma Pawitasari http://insistnet.com/enamprinsip-pendidikan-karakter-islami/

Jane Martin, What Should We Do with a Hidden Curriculum When We Find One? dalam The Hidden Curriculum and Moral Education. Ed. Giroux, Henry, dan David Purpel. Berkeley, (California: McCutchan Publishing Corporation, 1983).

Jeane H. Balantine, The Sociology of Education A Systematic Analysis (New Jersey: Intence Hall Inc, 1983).

Marzuki, Prinsip Dasar Pendidikan Karakter Perspektif Islam, PKn dan Hukum FISE UNY.

Michael Apple, “Hidden in Plain Sight, dalam Journal The Formal, Informal, and Hidden Curriculum of a Psychiatry Clerkship, Vol. 84 Nomor 2 (Mey, 2009).

Nasution, Pengembangan Kurikulum, Cet. IV (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 1993).

Fulya Damla Kentli, “Comparison of Hidden Theories”.

Observasi yang dilakukan oleh penulis di SDN Sawotratap I Gedangan-Sidoarjo pada Bulan Januari-Maret 2014.

Syafii Maarif, “Historiografi dan Pengajaran Sejarah. Makalah (Padang: FPIPS IKIP Padang, 1995).

Published
2016-02-04
How to Cite
FathurrohmanF. (2016). KONSERVASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM HIDDEN CURRICULUM SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(1), 131-143. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.1.131-143
Section
Articles