KUALITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE TARTILA DI TPQ SABILUN NAJAH SAMBIROTO TAMAN SIDOARJO

  • Khalimatus Sa'diah Alumni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Pembelajaran, Al-Quran, Tartila, Santri, TPQ, Sabilun Najah

Abstract

Penelitian ini mengandung persoalan: Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode Tartila di TPQ Sabilun Najah Sambiroto, Taman-Sidoarj, dan bagaimanakah kualitas bacaan al-Qur’an Santri di TPQ Sabilun Najah Sambiroto, Taman-Sidoarjo. Dalam rangka menjawab pertanyaan diatas, peneliti melakukan penelitian deskriptif kualitatif, sehingga hasil yang diperoleh berupa deskripsi-deskripsi data yang terurai. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan interview. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode tartila sangat efektif dalam meningkatkan kualitas bacaan santri TPQ Sabilun Najah Sambiroto Taman Sidoarjo dengan indikator-indikator sebagai berikut: santri mampu membaca al-Qur’an dengan lancar, santri mampu membaca al-Qur’an dengan benar, santri berhati-hati dalam membaca al-Qur’an, santri mampu merasakan ketika ada bacaan yang tidak sesuai dengan kaidah tajwid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Shams Madyan, Peta Pembelajaran Al-Qur’an, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2008).

Anwar dan Arsyad Ahmad, Pendidikan Anak Dini Usia, (Bandung; PT Afabeta, 2004).

Departemen Agama, Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur'ân (Jakarta: Depertemen Agama Pusat, 1990/1991).

Mahmud Al-Khalawi, Mendidik Anak dengan Cerdas, (Sukoharjo: Insan Kamil, 2007).

Muhammad Nur Abdul Hafidz Suwaid, Mendidik Anak Bersama Nabi, terjemahan Salafuddin Abu Sayyid, (Solo: Pustaka Arafah, 2003).

Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum Hingga Redevisi Islamisasi Pengetahuan (Bandung: Nuansa, 2003).

Pusat Lektur Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Depag R.I, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa SMA (Jakarta: Balitbang Diklat Depag RI, 2007).

Team Tadarus AMM, Prinsip-prinsip Metodologi Buku Iqra’ (Yogyakarta: LPTQ Nasional).

Sumber Lapangan:

Hasil wawancara dengan ustadzah Andriyani, salah satu pengajar di TPQ sabilun Najah. Pada hari,Jum’at 20 April 2012.

Hasil wawancara dengan ustadzah Dzikrotul Millah, salah satu pengajar di TPQ Sabilun Najah Sambiroto. Pada hari Senin, 21 April 2012.

Hasil wawancara dengan ustadz Ainur rofiq selaku kepala lembaga TPQ Sabilun Najah di Sambiroto, tepatnya pada tanggal 22 April 2012.

Observasi, tertanggal 21 April 2012.

Published
2016-02-03
How to Cite
Sa’diahK. (2016). KUALITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE TARTILA DI TPQ SABILUN NAJAH SAMBIROTO TAMAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 267-286. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.267-286
Section
Articles