ETIKA BELAJAR DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM

  • Hanik Yuni Alfiyah Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Imam Zarnuji, Ta’lim Al-Muta’allim, Theory, Learning,

Abstract

BAHASA INDONESIA:Tulisan ini bermaksud mengulas tentang teori belajar dalam kitab Ta’lim al-Mut’allim yang dikarang oleh Imam Zarnuji. Kitab Ta’lim al-Mut’allim sangat mengedepankan aspek moral dalam proses belajar mengajar. Moralitas harus dimiliki pendidik dan peserta didik. Dalm Ta’lim al-Muta’allim sangat diagagungkan ilmu agama yang berorientasi untuk kepentingan kehidupan di akhirat. Kitab ini juga menyatakan bahwa setiap peserta didik harus memiliki sikap yang terpuji, antara lain: 1. Memuliakan pendidik, 2. Mengagungkan ilmu, 3. Menghormati Teman dan Bersikap Asih, 4. Bersikap Wira’i, 5. Penuh dengan Sikap Tawakkal, 6. Menghadap Kiblat ketika Belajar. Corak pemikiran pembelajaran dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim bersifat mistik-sufistik. Artinya, sangat mengedepankan aspek spiritual atau moral kepada Allah SWT. ENGLISH:This research discusses about learning theory on Ta’lim Al-Muta’allim book written by Imam Zarnuji. Ta’lim Al-Muta’allim book prioritizes moral aspect in teaching and learning process. The morality should be implemented by both educators and learners. Ta’lim Al-Muta’allim book has the focus on theology that orientates to the importance of life in hereafter. This book also explains that the learners should implement admirable attitude, they are: 1. Honoring the educators, 2. Honoring the science, 3. Respecting and loving the mates, 4. Implementing Wira’i, 5. Implementing Tawakkal, 6. Facing the west (direction)  if the learners study. The complexity of learning thought on Ta’lim Al-Muta’allim book has mystical-sufistical characteristic that means prioritizing spiritual or moral aspect to Allah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad al-Santawi, dkk., Dairah al-Ma’arif al-Islamiyah,cet. Ke 10 (Beirut: Lajnah Tarjamah, 1933)

Abdullah bin Nuh & Umar Bakri, Kamus Arab Indonesia: Indonesia Arab (Jakarta: M, 1991).

Ahmad Ramli, Peraturan-Peraturan untuk Memelihara Kesehatan dalam Hukum Syra’ Islam (Djakarta: Balai Pustaka, 1951).

Ahmad Syauqi al-Fanjari, Nilai Kesehatan dalam Syari’at Islam (Jakarta: Bumi Aksara).

Alaika Salamullah, Menyempurnakan Akhlak (Yogyakarta, Cahaya Hikmah, 2003).

Harun Nasution, Islam Rasional: Gagasan Dan Pemikiran (Bandung: Mizan, 1998).

Irsyad Zamjani, “Ta’lim al-Muta’allim: Ideologisasi Ilmu Gaya Abad Pertengahan”, sebuah cataan kaki, dalam Ulumuna: Jurnal Studi Islam dan Masyarakat (Mataram: Stain Mataram, Juli-Desember 2003).

Muhammad Baqir Ash-Shadr, Falsafatuna, terj. M. Nur Mufid bin Ali, (Bandung: Mizan, 1991).

Moeslim Abdurrahman, Islam Transformatif, Cet. Ke 3 (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1997).

M. Hasbi ash-Shiddieqy, Pengantar Ilmu Fiqh-Ushul Fiqh (Yogyakarta: CV. Bina Usaha, 1986).

Muhammad Fahmi, “Epistemologi al-Ghazali: Penalaran Kritis terhadap Sekte-Sekte Islam”, dalam Wacana: Jurnal Studi Islam, Vol.1 (Surabaya: Kopertais IV & PTAIS, Maret 2005).

Muhaimin & Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya (Bandung: Tragenda Karya, 1993).

M. Shofan, Pendidikan Berparadigma Profetik (Yogyakarta: Ircisod & Gresik: UMG, 2004).

Omar M. al-Toumy al-Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung (Jakarta: Bulan Bintang, 1979).

Syekh Az Zarnuji, Pedoman Belajar Pelajar dan Santri, Edisi Indonesia terj. Noor Aufa Shidiq dari “Ta’lim al-Muta’allim” (Surabaya: Al-Hidayah, tanpa tahun).

Syekh Zarnuji, dalam Syekh Ibrahim, Syarah Ta’lim al-Muta’allim Thariq al-Ta’allum (Surabaya: Al-Hidayah, tanpa tahun).

Syekh Ibrahim, Syarah Ta’lim al-Muta’allim Thariq al-Ta’allumi (Surabaya: Al-Hidayah, tanpa tahun).

Sudarsono, Kamus filsafat dan Psikologi (Jakarta: Rineka Cipta, 1993).

Tamyiz Burhanudin, Akhlak Pesantren: Solusi bagi Kerusakan Akhlak (Yogyakarta: Ittaqa Press, 2001)

Van Donzel, Islamic Desk Reference (New York: Leiden, 1994).

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren, Cet. Ke 6 (Jakarta: LP3ES, 1994).

Published
2016-02-01
How to Cite
AlfiyahH. Y. (2016). ETIKA BELAJAR DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(1), 78-100. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.1.78-100
Section
Articles