Pendidikan Spiritual Berbasis Tarekat bagi Pecandu Narkoba (Studi Kasus di Pondok Pesantren As-Stressiyah Darul Ubudiyah Sejati Sejomulyo Juwana Pati)

Fathur Rohman

Abstract


Bahasa Indonesia:

Tulisan ini bermaksud untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan pendidikan spiritual berbasis tarekat bagi pecandu narkoba di Pondok Pesantren As-Stressiyah Darul Ubudiyah Sejati Sejomulyo Juwana Pati. Rumusan masalah dalam tulisan ini difokuskan pada dua masalah, yaitu bagaimana pelaksanaan pendidikan spiritual berbasis tarekat bagi pecandu narkoba di Pondok As-Setressiyah Darul Ubudiyah Sejati dan apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan spiritual berbasis tarekat bagi pecandu narkoba di Pondok As-Setressiyah Darul Ubudiyah Sejati. Tulisan ini merupakan hasil penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik partisipant observation, wawancara, dan dokumentasi. Sampel sumber data ditentukan secara purposive dan menggunakan teknik snowball. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Analisis dimulai semenjak di lapangan dan dilakukan secara interaktif dan terus menerus hingga tuntas. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa beberapa  amalan tarekat ternyata relevan untuk diterapkan dalam pelaksanaan pendidikan spiritual bagi pecandu narkoba. Amalan-amalan tarekat tersebut antara lain: Taubat, Mana>qiban, Doa, Dhikir, Tas}awwur al-Shaikh, dan Riya>d}ah.

 

English:

This paper intends to provide an overview of the implementation of tarekat-based spiritual education for drug addicts at Pesantren As-Stressiyah Darul Ubudiyah Sejati Sejomulyo Juwana Pati. The formulation of the problem focuses on two issues, how the implementation of tarekat-based spiritual education for drug addicts in Pondok As-Setressiyah Darul Ubudiyah Sejati and what are the supporting factors and inhibiting the implementation of tarekat-based spiritual education for drug addicts in Pondok As-Setressiyah Darul Ubudiyah Sejati. This paper is a result of a qualitative research using case study method. In collecting the data, this research used participatory techniques, interviews, and documentation. The sample data source was determined purposively and used the snowball technique. The analysis technique used is descriptive qualitative analysis with phenomenology approach. The analysis begins in the field and is done interactively and continuously until being completed. The result of this research shows that some tarekat practices are relevant to be applied in the implementation of spiritual education for drug addicts. The orders of the tarekat are: Taubat, Mana>qiban, Prayer, Dhikir, Tas}awwur al-Shaykh, and Riya>d}ah.



Keywords


Spiritual Education; Tarekat; Drug Addicts;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aziz, Abdul. “Memahami Fenomena Sosial Melalui Studi Kasus” dalam Analisis Data Penelitian Kualitatif ed. Burhan Bungin. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2010.

Bruinessen, Martin Van. Tarekat Naqsyabandiyah di Indonesia. Bandung: Mizan, 1992.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1970.

Hawwa>, Sa’i>d. Tarbiyatuna> al-Ru>hiyyah. Kairo: Maktabah al-Wahbah, 1992.

Madjid, Nurcholish. Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, dan Kemodernan. Jakarta: Paramadina, 2000.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Mufid, Fathul. “Spiritual teaching dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Islam Tsamratul Huda Tahunan Jepara”. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11, No.2 (Agustus 2016): 253-276, diakses pada 15 Agustus 2017

Naja>ty, M. Uthma>n. Al-Qur'an dan Ilmu Jiwa terj. Ahmad Rofi Usmani. Bandung: Pustaka, 1985.

Salahudin, Marwan & Binti Arkuni. “Amalan Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah Sebagai Proses Pendidikan Jiwa di Masjid Babul Muttaqin Desa Kradenan Jetis Ponorogo”. Esoterik: Jurnal Akhlak dan Tasawuf 2, No.1 (2016).

Salim, Agus. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta, 2009.

___________. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2005.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2009.

Wilda, Erham. Konseling Islami. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Yunasril Ali, “Tasawuf”, dalam Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, ed. Taufik Abdullah. Jakarta: Ichtiar Baru Van Houve, 2002.

Zahri, Mustafa. Kunci Memahami Ilmu Tasawuf. Surabaya: Bina Ilmu, 1995.

Zinta>ny (al), Abd al-H{ami>d al-S{aid. Usu>s al-Tarbiyah al-Isla>miyyah fi al-Sunnah al-Nabawiyyah. Tunis: Al-Dar al-‘Arabiyah li al-Kitab, 1993.

Saenuri, Ahmad. Wawancara, Pati, 9 Desember 2016.

Thoyyib, KH. Fathur Rohman. Wawancara, Pati, 14 November 2017, 9 Desember 2016.

Zubair, Agus. Wawancara, Pati, 14 November 2017, 6 Desember 2016, 9 Desember 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.161-180

Refbacks



Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indeks:

Jurnal Pendidikan Agama Islam; address: UIN Sunan Ampel Surabaya, Jl. A. Yani 117 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237; email: jpai@uinsby.ac.id

issn(p) 2089-1946 & issn(e) 2527-4511



View My Stats