PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X MADRASAH ALIYAH DALAM MODEL DICK & CAREY

M Natsir

Abstract


Bahasa Indonesia:

Keterbatasan perangkat dan kemampuan mengajar guru akan berdampak pada kualitas keluaran kompetensi siswa. Mata pelajaran Fikih di kelas X Madrasah Aliyah memiliki karakteristik yang lebih kompleks daripada mata pelajaran yang sama di jenjang sebelumnya. Fikih di Madrasah Aliyah mulai mengenalkan konsep-konsep yang lebih rumit dalam lingkup hubungan antar manusia, seperti perekonomian dalam Islam atau pelepasan dan perubahan kepemilikan harta. Hal ini menuntut penulis untuk melakukan pengembangan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien dengan menggunakan model Dick and Carey. Model ini memiliki karakteristik sistematis yang melibatkan pengembangan, implementasi, evaluasi, dan pemeliharaan hasil pembelajaran. Hasil pengembangan bahan ajar, buku panduan guru, buku panduan siswa, dan desain media pembelajaran memperoleh hasil evaluasi yang yang sangat baik.

 

English:

Limitation of teaching aids availability and teacher competence will impact the quality of students’ competence. The Fiqh lesson in the first grade of Islamic High School has a more complex dimension compared to that of in previous grades. The Fiqh in the high school level covered a more complex concept regarding the relationship between individuals in society, e.g. Islamic economy or the release and the change in property ownership. This motivate the author to develop the lesson more efficiently and effectively ny using Dick and Carey Model. This model is characterized by systematic steps in the lesson involving the development, implementation, evaluation, and preservation of learning outputs. The result of the development shows good grade in terms of learning materials, teacher’s book, student’s book, and learning aids.


Keywords


Development; Learning; Fiqh; Islamic High School; Dick & Carey;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah, Syaikh Abdurrahman Alu Bassam. تـيـسـيـر العـلام شـرح عـمـدة الآحـكـام / Syarah Hadits Hukum Bukhari Muslim. Penterjemah : Arif Wahyudi, dkk., (Jakarta : Pustaka as-Sunnah, 2009

An-Nawawi, Imam. Riyadhus Shalihin, Syarah : Syaikh Muhammad bin Shahil Al-Utsaimn, Takhrij : Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Tahqiq : Syaikh Musthafa Muhammad Abu Al-Ma’athi, Solo : Al-Andalus, 2015

Aqib, Zainal. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya : Insan Cendekia, 2002.

Ardhana, I Wayan. “Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran”. Makalah disajikan dalam Lokakarya Nasional Angkatan II Metodologi Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, Malang, 22 – 24 Maret 2002.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2002.

Atruf. “Pengembangan Program Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar” Makalah Seminar Nasional Teknologi Pendidikan dan Kongres II Ikatan Teknologi Pendidikan Indonesia, Malang: 17-19 Nopember 1992.

Barab, Sasha A. “Using Design to Advance Learning Theory, or Using Learning Theory Advance Design”. Educational Technology Nomor 44 Volume 3, 2004.

Benathy, B.H. Instructional System Design: dalam R.M. Gagne, (ed.) Instructional Tecknology Fundation. Hallsdate: Lowrence Erlbaun Assiciations, 1987.

Degeng, I Nyoman Sudana, dan Yusufhadi, Miarso. Terapan Teori Kognitif dalam Desain Pembelajaran. Jakarta : Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas Bersama Antara Universitas/IUC (Bank Dunia XVII), Ditjen Dikti, Depdikbud, 1993.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjamahannya Disertai Asbabun Nuzul. Jakarta: Yayasan Penyelenggara/Penafsir Al-Qur’an Revisi Terjemah oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Kementerian Agama Republik Indonesia, 2013.

Gede, I Nyoman, Astina. ”Pengembangan Paket Pembelajaran Teknik Penyajian Minuman 1 dengan Menerapkan Rancangan Model Dick & Carey”. ”Tesis”, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang, 1999.

Gintings, Abdorrakhman. Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran : Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen. Edisi Revisi, Bandung : Humaniora, 2008.

Gustafson, K.L. Survey of Instructional Development Models with an Annotated ERIC Bibliografy. New York: Syracuse University, 1981.

Husein, Muhammad. ”Pengembangan Paket Pembelajaran Dasar Listrik dan elektro Model Walter Dick and Lou Carey pada SMK Muhammadiyah 1 Malang”. ”Tesis”, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang, 2003.

Ibrahim, Abdulhalim. الـمـوجـه الـفـنـي لـمـدرس اللـغـة الـعـربـيـة , Daarulmaarif : Cairo, 1962.

Kang, Shumin. “Instructinal Design and Development: A Brief Hostorical Overview”. Educational Technology No. 44, Vol. 6, 2004.

Maraghi (al), Ahmad Musthafa. Terjamah Tafsir Al-Maraghi, Juz 15. Semarang: Toha Putra, 1993.

Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Prenada Media, 2004.

Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran : Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada Pers, 2008.

Paulina, Pannen, dan Purwanto. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pau – PPAI, Universitas Terbuka, 2001.

Purwanto dan Sadjati, I.M., Pendekatan Inovatif Instructional System Design dalam Perancangan dan Pengembangan Bahan Ajar. Dalam Dwi Padmo (editor). Teknologi Pembelajaran : Peningkatan Kualitas Belajar melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan, 2004, Cet. 1.

Sadiman, Arief S., dkk. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1996.

Seels, B.B. & R.C., Richey. Instructional Technology: The Definition and Domain of the Field. Washington D.C.: AECT, 1994.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2009.

Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2012.

Suparman, M. Atwi. Desain Instruksional. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Terbuka, 1991.

Supriyadi. ”Pengembangan Bahan Pembelajaran Mata Kuliah Perpustakaan Sekolah dengan Model Dick & Carey”. ”Tesis”. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang, 1999.

Taufik, M. Kreativitas Jalan Baru Pendidikan Islam. Mataram : Lembaga Pengkajian-Publikasi Islam & Masyarakat (LEPPIM) IAIN Mataram, 2012.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen: Dilengkapi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Peraturan Pemerintah Standar Nasional Pendidikan Peraturan Menteri Buku Teks Pelajaran, Jakarta : Karya Gemilang, 2008.

Uno, Hamzah, B., Hamzah dan Mohammad, Nurdin. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif dan Menarik (PAILKEM) : Strategi Pembelajaran PAILKEM Merupakan Salah Satu Strategi yang Dapat Diterapkan untuk Mengoptimalkan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara, 2011.

Walter, Dick, and Lou, Carey. The Systematic Design of Instruction. Amerika : United States of Amerika, 1990.

Willis J., “The Maturing of Consteruktivist Instructional Design: Some Basic Principles that can Guide Practice”, Educational Technology. Volume 40 Nomor 1, 2000.

Yamin, Martinis. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Yunus, Mahmud. .الـتـربـيـة والـتـعـلـيـم, Padang Panjang: Matbaah, 1942.




DOI: http://dx.doi.org/10.15642/jpai.2017.5.1.44-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indeks:

Jurnal Pendidikan Agama Islam; address: UIN Sunan Ampel Surabaya, Jl. A. Yani 117 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237; email: jpai@uinsby.ac.id

issn(p) 2089-1946 & issn(e) 2527-4511



View My Stats