PERGESERAN ORIENTASI KELEMBAGAAN PESANTREN DI MADURA DALAM PERSPEKTIF KIAI BANGKALAN

  • Zainal Alim Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Bahasa Indonesia:Pada mulanya Kiai di Bangkalan Madura tidak terlalu menerima pendidikan formal. Namun kini realitas itu mengalami pergeseran pemikiran dan prilaku yang sangat berefek pada pembaruan pendidikan Islam di Bangkalan Madura. Tulisan ini memuat tentang keterbukaan para Kiai di Bangkalan pada pendidikan umum dengan semakin banyaknya pesantren yang mempunyai kategori salafiyah mempunyai pendidikan formal mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan pergeseran orientasi kelembagaan dalam perspektif Kiai di pesantren Syaichona Kholil dan pesantren Al-Hidayah Bangkalan Madura. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sementara, sumber data primer diperoleh dari Kiai Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Kholil Bangkalan, pengasuh pesantren Al-Hidayah, Ketua Pondok dan sumber sekunder yang relevan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terjadi pergeseran orientasi kelembagaan di pesantren dengan banyaknya lembaga pendidikan formal seperti MTs, MA, bahkan Perguruan Tinggi di beberapa pesantren yang ada di Bangkalan. Pergeseran ini tidak lepas dari berubahnya pola pikir Kiai yang disebabkan oleh globalisasi, teknologi yang semakin canggih, dan sulitnya para alumni santri mendapatkan peluang pekerjaan di instansi-instansi umum. English:In the beginning, Kiai in Madura didn’t accept formal schooling. However, the reality today shows thought and attitude shifts which takes effect on the renewal of Islamic Education in Bangkalan, Madura. This paper examines the openness of Kiai in Bangkalan towards formal education as it is indicated by the emerging more Salafi Pesantren with formal education ranging from elementary schooling up to higher education. This research is aimed to describe institutional orientation in Syaichona Kholil Pesantren and Al-Hidayah Pesantren in Bangkalan, Madura. Within the framework of descriptive and qualitative research, the field work involves primary data from Kiais in the two institutions as well as secondary data from relevan resources. The finding shows that there are more and more Pesantren to adopt formal shooling in the Madrasah format and Islamic higher education due to the shift of thought in the Kiai leadership as a negotiation results of globalization, technological advancement, and the high competition for Pesantren alumni in workforce within non-religious institutions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir Faisal, Jusuf, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Gema Insani Press,1995.

Anwar, Muhammad. “Modernisasi Pesantren; Pergeseran Tradisi dan Pudarnya Kiai”. Hunafa: Jurnal Studia Islamika Vol. 10, No. 1, (Juni 2013).

Arifin, Imran. Kepemimpinan Kiai: Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng. Malang: Kalimasada Press, 1993.

Asrohah, Hanun. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1999.

__________________. “The Dynamics of Pesantren: Responses Toward Modernity and Mechanism in Organizing Transformation”. JIIS: Jounal of Indonesian Islam Vol.5, No. 1 (2011).

Azra, Azumardi. "Pesantren : Kontinuitas dan Perubahan", Pengantar dalam Nucholis Madjid, Bilik-Bilik Pesantren : Sebuah Potret Perjalanan Jakarta : Paramida, 1997.

___________________.Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

___________________.Surau, Pendidikan Islam Tradisional Dalam Transisi Dan Modernisasi. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2003.

Bruinessen, Martin Van. Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat : Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia. Bandung : Mizan, 1999.

Budiono, Eksistensi Pesantren Di Tengah Perubahan Sistem Pendidikan Nasional, http://www.maarif-nu.or.id/dunia_pddk/opini/eksistensi_pesantren__di_tengah.htm.

NC, Fatah Syukur. Dinamika Madrasah dalam Masyarakat Industri. Semarang : al-Qalam Press Semarang , 2004.

Daulay, Haidar Putra. Historisitas, dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2001.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren : Studi tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta : LP3ES, 1994.

Eksan, Moch., Kiai Kelana: Biografi Kiai Muchith Muzadi. Jogjakarta: Elkis Penlangi Aksara, 2000.

Faisal, Jusuf Amir. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

Hasan, Muhammad. “Inovasi dan Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren”. KARSA: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman Vol. 23 No. 2, (Desember 2015): 296-298.

Kafrawi, H. Pembaharuan Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: Cemara Indah, 1978.

Madjid, Nurcholish. Bilik-Bilik Pesantren : Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta : Paramadina, 1997.

Madjid, Nurcholish. Islam, Kemodernan, dan Keindonesiaan. Bandung : Mizan, 1997.

Malik, A. Fadjar. Madrasah dan Tantangan Modernitas (Bandung: Mizan, 1998), 114.

Mas’ud, Abdurrahman, Intelektual Pesantren,; Perhelatan Agama dan Tradisi, Yogyakarta: LKiS, 2004

Mastuhu,. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.

Qahar, Mas’ud Khasan Abdul. Kamus Pengetahuan Populer. Yogyakarta: Bintang Pelajar, t.th.

Raharjo, M. Dawam. Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LPES, 1974.

Rahman, Fazlur, Islam dan Modernitas: Tantangan Transformasi Intelektual, Terj. Ahsin Muhammad, Bandung: Pustaka, 1995, Cet. II.

Siradj, Said Aqil. Pesantren Masa Depan, Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Bandung : Pustaka Hidayah, 1999.

Steenbrink, Karel A, Pesantren, Madrasah, Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Jakarta: LP3ES, 1986

Subaharianto, Andang, dkk, Tantangan Industrialisasi di Madura. Malang: Bayumedia Publishing, 2004.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara: 2003.

Usa, Muslih. Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 1991.

Wahid, Abdurrahman. Bunga Rampai Pesantren. Jakarta: Darma Bhakti, tt.

Yasmadi. Modernisasi Pesantren : Kritikan Nurcholis Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta : Ciputat Press, 2002.

Ziemek, Pesantren Dalam Perubahan Sosial, Jakarta: P3M, 1986.

Published
2016-11-02
How to Cite
AlimZ. (2016). PERGESERAN ORIENTASI KELEMBAGAAN PESANTREN DI MADURA DALAM PERSPEKTIF KIAI BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 249-270. https://doi.org/10.15642/jpai.2016.4.2.249-270
Section
Articles