PENGEMBANGAN KAPASITAS INSTITUSI DAN SUMBER DAYA MANUSIA DI MADRASAH: PENDEKATAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT

Mo'tasim Mo'tasim

Abstract


Bahasa Indonesia:

Pengembangan kapasitas institusi dan sumber daya manusia di madrasah merupakan misi penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam dewasa ini. Namun, manajerial kelembagaan madrasah masih belum memenuhi ekspektasi yang diharapkan jika dilihat dari kreativitas dan inovasinya. Melihat fenomena tersebut, kiranya upaya untuk menciptakan kondisi yang kondusif dalam mencapai tujuan pendidikan adalah mutlak membutuhkan budaya manajemen yang kualitas melalui Total Quality Management (TQM) adalah salah satu alternatif. Dengan manajemen tersebut, diharapkan efektifitas pola kerja di madrasah akan dapat terwujud secara menyeluruh. Artikel ini mengkaji tentang peran kepala madrasah dalam mengembangkan kapasitas institusi dan sumberdaya manusia melalui pendekatan TQM. Artikel ini mendeskripsikan penerapan TQM  dengan library research melalui analisis deskriptif non-statistik sebagai penyajian datanya.  Sebagai kesimpulan, kepemimpinan dan manajerial kepala madrasah berperan penting dalam menentukan  kebutuhan lembaga dan menyusun visi, misi dan tujuan lembaga. Di sisi lain, efektifitas TQM ditentukan oleh kemampuan kepala madrasah dalam hal manajerial, gagasan pembaharuan, efektifitas proses pembelajaran, pengelolaan tenaga kependidikan yang baik, partisipasi warga madrasah dan masyarakat, akuntabilitas dan motivasi untuk mewujudkan tim kerja yang solid.


English:

Institutional and human capacity development in madrasah is central in developing islamic education quality nowadays. However, the institutional management in madrasah has not yet meet the expectation from its creativity and innovation. Based upon the phenomenon, this paper offers   Total Quality Management (TQM) as an alternative to create conducive atmosphere in madrasah for achieving educational purposes. The management expects holistic-effective workflow in madrasah. This article focuses on the role of madrasah principal in developing institutional and human capacity through the TQM. With library research, this article describes the TQM implementation and provides descriptive non-statistical analysis in providing the data. As a conclusion, the madrasah principal’s leadership and managerial role are the very important factors to decide intitutional needs and constructing institutional visions-missions-aims. In addition, the TQM effectiveness depends on the principal’s ability in managing, offering innovation, creating effective learning activities, managing staffs, involving stakeholders, promoting accountability, and motivating people for a solid teamwork.


Keywords


Total Quality Management; Madrasah Principal; Institutional Capacity; Human Resource;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abrasyi (al), M. Athiyah. At-Tarbiyyah al-Islamiyyah wa Falsafatuha. Mesir: Isa al-Babi al-Halabi, 1975.

Anwar Moch. Idhochi. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung : Alfabeta, 2003.

Crosby, Philip B. Quality is Free. New York : New American Library, 1979.

Dahlan M. Y. Al-Barry, L. Lya Sofyan Yacub. Kamus Induk Istilah Ilmiah. Surabaya : Target Press Surabaya, 2003.

Departemen Agama RI. Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. Desain Pengembangan Madrasah. Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka, 2005.

Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2004.

Dirawat. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional, 1986.

Fahmi, Agus & Manshur Ghani Sanusi. Konsep Pendidikan Modern. Surabaya : SMA Khadijah, 2006.

Fatah, Nanang. Konsep Manajemen MBS dan Dewan Madrasah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2006.

Gage. Allee John. Webster’s New Standar Dictionary. New York: Mc Loughlin Brothers Inc, 1969.

Gaspersz, Vincent. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Juran, J. M. Leadership for Quality. USA : Juran Institute, Inc, 1989.

Komariah, Aan., & Cepi Triatna. Visionary Leadership. Jakarta : Bumi Aksara, 2006.

Lazaruth, Soewaji. Kepala Madrasah Dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta : Penerbit Kanisius, 1993.

Mudafir, Ilyas. Manajemen Mutu Terpadu. Buletin Pengawasan No. 13 dan 14 Tahun 1998.

Mulyadi. Total Quality Manajemen. Yogyakarta: UGM, 1998.

Mulyasa, E. Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah. Jakarta : Departemen Agama RI, Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005.

Munizu, Musran. “Praktik Total Quality Management (TQM) Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Telkom Tbk. Cabang Makassar)” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Universitas Kriten Petra Surabaya, Vol.12, No. 2, September 2010.

Muttaqin, Galih Fajar., & Dharmayanti, Rita. “Pengaruh Implementasi Total Quality Management terhadap Kinerja Keuangan Dengan Kualitas Kinerja Sebagai Variabel Intervening” Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara, Vol. XIX, No. 01, Januari 2015.

Nasution. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta : Ghalia Indonesia, 2001.

Nurhayati, Djamas. Madrasah Mandiri. Jakarta :Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, 2005.

Partanto, Pius A., M. Dahlan Al-Barry. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Apollo, 1994.

Sallis, Edward. Total Quality Management in Education. Jogjakarta : IRCiSoD, 2007.

Siagian, Sondang P. Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta: Gunung Agung, 1982.

Soetopo, Hendyat., & Wasty Soemanto. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sebagai Subtansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 1993.

Sudarwan, Danim. Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung : Pustaka Setia, 2002.

Sudrajat, Akhmad. Kompetensi Guru dan Peran Kepala Madrasah dalam http://www.depdiknas.go.id/ inlink.

Syafruddin. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Press, 2005.

The New Oxford Illustrated Dictionary. London: Oxford University Press, 1982.

Timpe. A. Dale. The Art and Science of Business Management Leadership. New York : Kend Publishing, Inv, 1987.

Tjiptono, Fandy., & Anstasia Dian. Total Quality Manajemen. Yogyakarta: Andi, 2001.

Wahjosumijo. Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.15642/jpai.2016.4.2.206-226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indeks:

Jurnal Pendidikan Agama Islam; address: UIN Sunan Ampel Surabaya, Jl. A. Yani 117 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237; email: jpai@uinsby.ac.id

issn(p) 2089-1946 & issn(e) 2527-4511



View My Stats