KONSEP INTERAKSI EDUKATIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

  • Moch. Kalam Mollah Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Keywords: Education, Islam, Interaction, al-Qur’an,

Abstract

Bahasa Indonesia:Suatu kisah dapat dikatakan berkaitan dengan pendidikan apabila dalam proses interaksi yang ada pada kisah tersebut terdapat: tujuan pendidikan, pendidik, anak didik, materi dan metode. Oleh karena itu penulis mencoba mengkaji al-Qur’an dari kisah-kisah yang ada di dalamnya, dengan mengambil model interaksi pendidikan dalam perjalanan kisah orang tedahulu dalam al-Qur’an. Dari latar belakang diatas, maka muncul sebuah rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah konsep interaksi edukatif dalam perspektif al-Qur’an dan implementasinya dalam pendidikan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah al-Qur’an tentang kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa (Q.S. Al-Kahfi: 60-82), kemudian kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail (Q.S. Al-Shaffat: 102-107) dan yang terakhir adalah kisah Luqman (Q.S. Luqman: 12-19). Dilihat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep interaksi edukatif dalam al-Qur’an melalui kisah-kisahnya terdiri dari: 1) tujuan pendidikan: humanisasi, insan kamil dan akhlak mulia; 2) Pendidik: bijaksana, penuh kasih sayang, demokratis, mengenal murid dan memahami kejiwaaannya, berpengetahuan luas, memahami materi, sabar dan ikhlas; 3) Anak didik: Patuh, tabah, sabar, cita-cita yang kuat serta tidak putus asa dan bersungguh-sungguh, sopan santun, rendah hati dan hormat pada guru; 4) Materi: akidah, syari’ah dan akhlak; dan 5) Metode: dialogis, uswatun hasanah, demokratis, dan mauiz}ah. English:A story is considered related to education if in the interaction process involves the following aspects: aims of education, educators, learners, material, and methods. In this research, the author examines stories inside the al-Qur’an, particularly which of educational interaction model within the people in the past. From the background above, this paper answers a research questions, what is the concept of educational interaction from the Qoranic perspective and its implementation in education world. The primary resources in this research is coming from the story of Ibrahim and Musa (Q.S. Al-Kahfi: 60-82), the story of Ibrahim dan Ismail (Q.S. Al-Shaffat: 102-107), and the story of Luqman (Q.S. Luqman: 12-19). The findings of this study show that the concept of educational interaction in in the al-Qur’an consists of 1) the aims of education: humanism, insan kamil, and highest endeavor; 2) the educators: wise, mercy, democratic, understanding students’ psychological condition, knowledgeable, comprehending the materials, patient, and sincere; 3) the learners: obedient, determined, patient, strong motivation, never giving up, well mannered, humble, and respecting teachers; and 5) methods: dialogic, modelling, democratic, and advicing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005.

Huda, Miftahul, Interaksi Pendidikan 10 Cara Qur’an Mendidik Anak, Malang: UIN Malang Press, 2008.

Tsauri, Sufyan, Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Islam, Bandung: Alfabeta, 2001.

Thalhas, T.H., Fokus Isi dan Makna Al-Qur’an, Jakarta: Galera Pase, 2008.

Suismantoto, Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an (Telaah Atas Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir as.), http://uinsuka.info/ejurnal/index.php?option=com_content&task=view&id=75&itemid=52

Hasan, M. Iqbal, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian & Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Undang-undang RI No.20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2003.

Suwardi, Manajemen Pembelajaran Mencipta Guru Kreatif & Berkompetensi, Salatiga: STAIN salatiga Press, 2007.

Published
2015-11-23
How to Cite
MollahM. K. (2015). KONSEP INTERAKSI EDUKATIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(2), 235-256. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.2.235-256
Section
Articles