URGENSI PEMBINAN IKLIM DAN BUDAYA SEKOLAH

  • Lailatu Zahro STAI Taruna Surabaya
Keywords: Climate, School Culture

Abstract

Bahasa Indonesia:Pengembangan sekolah yang efektif, efisien, produktif dan akuntabel perlu ditunjang oleh perubahan berbagai aspek yang terkait dengan pendidikan, termasuk iklim sekolah. Perubahan iklim sekolah perlu dilakukan untuk merespons kondisi pendidikan yang semakin terpuruk. Hal ini lebih diperkuat lagi dengan perubahan-perubahan mendasar dalam berbagai aspek kehidupan, yang menuntut penyesuaian pendidikan dan iklim sekolah yang kondusif yang menunjang terhadap pembelajaran yang bermakna. Iklim dan Budaya sekolah yang kondusif ditandai dengan terciptanya lingkungan belajar yang aman, nyaman dan tertib sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Iklim dan budaya sekolah yang kondusif sangat penting agar siswa merasa senang dan bersikap positif terhadap sekolahnya, agar guru merasa dihargai, orang tua dan masyarakat merasa diterima dan dilibatkan. Hal ini dapat terjadi melalui penciptaan norma dan kebiasaan yang positif, hubungan dan kerja sama yang harmonis yang didasari oleh sikap saling menghormati di antara satu dengan yang lain.  English:School development with the idea of effectiveness, efficiency, productivity, and accountability needs to go along with changing in educational settings, including the school climate. The climate transformation is urgently needed to respond degraded educational situation.  This is also required as the fundamental changing exists in every human life aspects, which requests for educational transformation and conducive school climate for meaningful learning at school. Conducive school climate is indicated by a safe, comfortable, and well-regulated school environment for effective learning. This circumstance is quite important so that students consider positively their schools, teachers feel appreciation for themselves, and parents are well-accepted and involved in school. This atmosphere can be developed through creating new positive habits and norms and teamwork under the umbrella of respects within the team member.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyasa, E., 2012, Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah (Jakarta: Bumi Aksara).

Raimond WY, Entrepreneurship (New York: Prentice Hall, 1995)

Steinhoff, 1994, Empowering People (Singapore: Institut of manajement).

Undang-undang Republik IndonesiaNo 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), (Jakarta: Sinar Grafika)

White dan Wals, 1990, Educational and The Good Life (London: Educational Studies Kogan Page).

Published
2016-02-07
How to Cite
Zahro, L. (2016). URGENSI PEMBINAN IKLIM DAN BUDAYA SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 157-186. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.157-186
Section
Articles