INOVASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES

  • Titin Nurhidayati Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah Kencong Jember
Keywords: Learning Innovation, Islamic Education Subject, and Multiple Intelligence.

Abstract

Bahasa Indonesia:Teori Multiple Intelligences (MI) muncul sebagai bentuk krtitik terhadap teori Intellectual Quotient (IQ) yang membatasi kecerdasan hanya pada kecerdasan Logis-Matematis dan Linguistik saja. Sementara dalam teori MI terdapat Sembilan kecerdasan manusia yakni: (1) Kecerdasan Liguistic, (2) Kecerdasan Logis-Matematic, (3) Kecerdasan Visual-Spasial, (4) Kecerdasan Kinestetik, (5) Kecerdasan Musik, (6) Kecerdasan Interpersonal, (7) Kecerdasan Intrapersonal, (8) Kecerdasan Naturalis, (9) Kecerdasan Eksistensialis. Teori ini menyadari betul bahwa setiap anak yang lahir ke dunia memiliki keunikan tersendiri yang berhak mendapatkan pengakuan dan diapresiasi dalam kehidupan utamannya dalam pendidikan. Sebab pendidikan merupakan wadah bagi siswa untuk membentuk dan mengembangkan potensi untuk dapat menjalankan tugasnya sebagai khalifah di bumi dan membawa rahmat bagi seluruh alam ini. Pembelajaran berbasis MI merupakan suatu bentuk inovasi pembelajaran yang dapat menjadi pilihan bagi guru Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Mengimplementasikan pembelajaran berbasis MI berarti menggunakan pendekatan interdisipliner dalam mengembangkan materi pembelajaran, menggunakan multimodel pembelajaran, dan penilaian autentik dalam evaluasi pembelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk mewadahi keberagaman kecerdasan yang dimiliki oleh siswa.English:Multiple Intelligences (MI) emerged as a critical response to Intelligence Quotients (IQ) which limits the definition of intelligence in logical-mathematical and linguistic areas. The MI theory defines nine intelligence of human being such as (1) the linguistic, (2) the logical-mathematical, (3) the visual-spatial, (4) the kinesthetic, (5) the musical, (6) the interpersonal, (7) the intra-personal, (8) the natural, and (9) the existential. This theory recognizes the fact that every child has his/her own uniqueness and deserves appreciation in his/her education. This is important for the reason that education is a mode of developing students’ potentials in purpose of implementing their caliphate roles and bringing God’s mercy in the world. MI-based learning is an alternative in teaching Islamic education as a school subject in Indonesia. Implementing MI-based learning means implementing interdisciplinary approach in developing learning materials, making use multi-model of learning activities, and authentically assessed the learning itself. This purposes to accommodate the diversity of students’ intelligences.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armstrong,Thomas, 2013, Kecerdasan Multiple di dalam Kelas (Jakarta: INDEKS).

Chotib, Munif, 2011, Gurunya Manusia; Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara (Bandung: KAIFA).

___________, 2009, Sekolahnya Manusia; Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia (Bandung: KAIFA).

Chatib, Munif dan Alamsyah Said, 2012, Sekolah Anak-Anak Juara: Berbasis Kecerdasan Jamak dan Pendidikan Berkeadilan (Bandung: KAIFA).

Everett, M. Rogers, 1983, Diffusions of Innovations. 3rd edition (New York: The Free Press Macmillan Publishing Co., Inc.).

Kemendiknas, 2010, Konsep Dasar Kewirausahaan (Jakarta: Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal Kementrian Pendidikan Nasional).

Suparno, Paul, 2004, Teori Intelegensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah: Cara menerapkan Teori Multiple Intellegences Howard Gardner (Yogyakarta: Kanisius).

Suryana, 2009, Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses (Jakarta: Penerbit Salemba Empat).

Havelock, R.G. & A.M. Huberman, 1978, Solving Educational Problems (New York: Praegar Publisher, A Division of Holt, Rinehart and Winston).

Zaltman, Geraltz and Robert Duncan, 1977, Strategies for Planned Change (New York: Holt Rinehart and Winston).

Zaltman, Geraltz, et all., 1973, Innovation and Organization (New York: A Willey-Interscience Publication John Willey and Sons).

Published
2016-02-07
How to Cite
NurhidayatiT. (2016). INOVASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 23-56. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.23-56
Section
Articles