PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF FAZLUR RAHMAN

  • Muhammad Fahmi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Fazlur Rahman, Pendidikan Islam

Abstract

Fazlur Rahman terkenal sebagai tokoh neo-modernisme karena berusaha melakukan modernisasi pendidikan Islam dengan tidak melupakan warisan klasik umat Islam. Dia mengusulkan bahwa orientasi pendidikan Islam harus mengarah kepada kebutuhan di dunia dan akhirat. Dia juga tidak setuju dengan adanya dikotomi ilmu agama dan umum. Harus ada upaya integrasi antara ilmu agama dan umum, karena pada dasarnya ilmu itu utuh dan bersumber dari Allah SWT. Dia juga menyarankan agar ada upaya peningkatan kualitas pendidik Muslim, perhatian khusus terhadap peserta didik yang berbakat, dan pemenuhan sarana prasarana pendidikan yang memadai. Ide-ide Rahman mengenai pendidikan Islam termasuk dalam kategori kontekstual. Ini menunjukkan bahwa dalam mengemukakan ide-idenya, Rahman mendasarkannya pada pengalaman empirik dan pengamatan yang realistis. Oleh karena itu, tidaklah basi jika menerapkan ide-ide Rahman dalam konteks pendidikan Islam dewasa ini. Pisau analisis yang dipakai Rahman dalam mengkaji pendidikan Islam pada masanya, kiranya dapat dipakai sebagai pisau analisis dalam mengkaji pendidikan Islam kontemporer. Meski begitu, karena masa hidup Rahman berbeda dengan masa hidup umat Islam sekarang -dalam konteks sosial, maka perlu diberikan nilai kritis-transformatif bagi ide-ide Rahman sebelum diterapkan dalam konteks kekinian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Faruqi, Ismail Raji, 1984, Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Prinsip-Prinsip dan Rencana Kerja, terj. Anas Mahyudin (Bandung: Pustaka).

Al-Maududi, Abu A’la, 1991, Manhaj Jadid li Tarbiyah wa Ta’lim, terj. Judi al-Falasani (Solo: CV. Ramadani).

Al-Nahlawi, Abdurrahman, Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyyah wa Asalibuha (Damsyik: Dar al-Fikr).

Al-Jamali, Fadlil, 1988, Menerabas Krisis Pendidikan Dunia Islam, terj. Muzayin Arifin (Jakarta: Golden Terayon Press).

Al-Attas, Syed Muhammad al-Nuqaib, 1981, Islam dan Sekularisme, terj. Karsidjo Djojosuwarno (Bandung: Pustaka).

____________, 1979, Aims and Objective of Islam Education (Jeddah: King Abdul Azis University).

Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah, 1970, Al-Tarbiyah al-Islamiyah (Mesir: Dar al-Fikr).

Amal, Taufiq Adnan, 1993, Islam dan Tantangan Modernitas: Studi atas Pemikiran Hukum Fazlur Rahman, Cet. Ke-4 (Bandung: Mizan).

Amiruddin, M. Hasbi, 2000, Konsep Negara menurut Fazlur Rahman (Yogyakarta: UII Press).

Arifin, M., 1993, Kapita Selekta Pendidikan: Islam dan Umum (Jakarta : Bumi Aksara).

Azhar, M., 1996, Fiqih Kontemporer dalam Pandangan Neomodernisme Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Husein, Machnun, 1983, Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah (Yogyakarta: Nur Cahaya).

Hidayah, Yahya, 1998, “Fazlur Rahman: Kiai dari Chicago”, Amanah (No. 60, 21 Oktober-3 November).

Husain, Syed Sajjad dan Syed Ali Ashraf, 1979, Crysis in Muslim Education (Jeddah: King Abdul Aziz University).

Langgulung, Hasan, 1980, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam (Bandung: Al-Ma’arif).

____________, 1992, Asas-Asas Pendidikan Islam (Jakarta: Pustaka al-Husna).

Mun’im, Rafiq Zainul, 2005, “Fazlur Rahman dan Tafsir Kontekstual”, Wacana (Surabaya: Kopertais IV, Edisi Maret).

Madjid, Nurcholish, 1992, Islam, Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemodernan (Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina).

Ma’arif, A. Syafi’i, 1993, Peta Bumi intelektual Islam di Indonesia (Bandung: Mizan).

Mastuhu, 2002, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Press).

Nasution, Harun, 1975, Pembaharuan dalam Islam (Jakarta: Bulan Bintang).

Nuruddin, Amir, 1990, Ijtihad Umar ibnu Khattab, Studi tentang Perubahan Hukum dalam Islam (Jakarta: Rajawali Press).

Rahman, Fazlur, 1985, Islam dan Modernitas: Tentang Transformasi Sosial, terj. Ahsin Muhammad (Bandung: Pustaka).

____________, 1984, Islam, terj. Ahsin Muhammad (Bandung: Pustaka).

____________, “Recommendation of the Improvement of IAIN and Instruction Submitted to the Minister of Religious Affair, His Excellence, Munawir Sadjali, MA,” dalam Muhammad Wahyu Nafis (Ed.), Kontekstualisasi Ajaran Islam 70 Tahun Prof. Dr. Munawir Sadjali, MA (Jakarta: Paramadina, 1995).

Tafsir, Ahmad, 1992, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Usa, Muslih (Ed.), 1991, Pendidikan Islam di Indonesia: Antara Cita dan Fakta (Yogyakarta: Tiara Wacana).

Published
2016-02-04
How to Cite
FahmiM. (2016). PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF FAZLUR RAHMAN. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 273-298. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.2.273-298
Section
Articles