APLIKASI PARADIGMA KONSTRUKTIVISTIK MODEL KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI KELAS IV SD TARUNA SURABAYA

  • Hanik Yuni Alfiyah Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: PAI, Pembelajaran, Kooperatif, STAD

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI siswa kelas IV SD Taruna Surabaya melalui aplikasi paradigm pembelajaran konstruktivis model kooperatif STAD. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB yang terdiri dari 42 siswa. Tahap-tahap penelitian meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi tentang pendapat guru dan siswa mengenai proses pembelajaran; observasi dilakukan untuk memperoleh data tentang aktivitas siswa dalam kerja kelompok; tes dilakukan untuk mengukur pemahaman konsep siswa terhadap materi yang yang telah dipelajari; catatan lapangan dilakukan untuk memberikan gambaran proses pembelajaran yang terjadi; dan dokumentsi digunakan untuk mengetahui data tentang pemahaman konsep siswa pada pra tindakan. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui tahapan koleksi data, reduksi data, display dan konklusi. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan penyajian tabel dan dideskripsikan serta diambil kesimpulan berdasarkan kriteria yang mengacu pada rumus yang dikembangkan oleh Saifuddin Azwar. Untuk menghindari subjektivitas dari observer, maka dilakukan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran PAI siswa kelas IV SD Taruna Surabaya meningkat melalui aplikasi paradigma pembelajaran konstruktivistik berupa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan langkah-langkah pembelajaran antara lain: 1) menyampaikan tujuan pembelajaran, 2) menyajikan informasi seputar skenario pembelajaran, 3) mengelompokkan siswa secara heterogen 4-5 siswa dalam kelompok, 4) membimbing siswa dalam kelompok, 5) melakukan evaluasi, dan 6) memberikan penghargaan kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asma, Nur, 2006, Model pembelajaran kooperatif, (Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Dirket)

Azwar, Saifuddin, 2007, Tes Prestasi, (Yogyakarta: Pustaka Relajar)

Ibrahim, Muslim, 2008, Pembelajaran Aktif, Makalah, (Surabaya: PPs UNESA)

Kemmis, Stephen & Mc., Robin Taggart, (1988), The Action Research Planner, (Victoria: Deakin University Press)

Miles, B.M. & Huberman, 1984, Qualitative Data Analysis, (London: SAGE Publications)

Nur, Mohamad, 2005, Pembelajaran Kooperatif, (Surabaya: UNESA)

Permendiknas N0. 22 Tahun 2006

Sukamto, dkk., 2000, Penelitian Tindakan, (Yogyakarta: Lemlit UNY)

Slavin, R. E., 1995, Cooperative Learning: A Theory, Research and Practice, Second Edition, (London: Allyn and Bacon)

Published
2016-02-04
How to Cite
Alfiyah, H. (2016). APLIKASI PARADIGMA KONSTRUKTIVISTIK MODEL KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI KELAS IV SD TARUNA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 233-272. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.2.233-272
Section
Articles