MANUSIA DALAM KONTEKS PEDAGOGIS

  • Sutikno Sutikno Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Manusia, Ilmu, Pedagogis

Abstract

Secara pedagogis, manusia dipahami sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT untuk dididik dan mendidik. Oleh karena itu manusia itu sebagai subjek (pelaku) dan objek (sasaran) daripada pendidikan itu sendiri. Manusia adalah makhluk yang memiliki perasaan dan kepekaan luar biasa. Melalui pendidikan manusia dapat mengasah perasaan dan mencapai ilmu pengetahuan, melalui ilmu pengetahuan manusia dapat menciptakan sebuah kebudayaan. Oleh karena ilmunya, manusia menjadi orang yang mengetahui. Oleh karena banyaknya pengetahuan yang dimiliki manusia, maka iapun menjadi banyak dibutuhkan oleh manusia-manusia lain. Ketika manusia banyak dibutuhkan oleh manusia-manusia lain, maka posisinya pun menjadi terhormat. Kehormatannya akan mencapai derajat yang tinggi –baik di sisi Allah SWT maupun di sisi makhluk-Nya- apabila disertai dengan keimanan dan amal shaleh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran al-Karim

Al-Hadits al-Nabawy

Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali, Misykah al-Anwar (Kairo: Dar al-Qudsiyah, 1969).

Abdul Kadir, dkk., Dasar-Dasar Pendidikan (Surabaya: LAPIS-PGMI-Amanah Pustaka, 2009).

Ahmad Tafsir, Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales Sampai James (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1990).

A. E. ‘Afifi, Filsafat Mistis Ibn ‘Arabi, Terj. Syahrir Mawi dan Nandi Rahman (Jakarta: Gaya Media Pratama, 1995).

C.A. Qadir, Filsafat dan Ilmu Pengetahuan dalam Islam (Jakarta: Pustaka Obor Indonesia, 2002).

Ha’iri Yazdi Mehdi, Ilmu Hudhuri (Bandung: Mizan, 1985).

Harun Nasution, Akal dan Wahyu dalam Islam (Jakarta: UI, 1982).

Hasyimsyah Nasution, Filsafat Islam (Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999).

Imam Al-Ghazali, Memahami Hikmah Penciptaan Makhluk, Terjemahan Nur Faizin (Yogyakarta: Mitra Pustaka, tt.).

Muhammad Fahmi, “Manusia dalam Islam: Tela’ah Filosofis atas Pemikiran al-Ghazali”, Akademika: Jurnal Studi Keislaman, Volume 17, Nomor 1, September (Surabaya: PPs IAIN Sunan Ampel, 2005).

_________, “Nalar Kritis terhadap Konsep Nagsi Al-Ghozali”, Academia: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Kebudayaan Islam, Vol. 1, No. 2, September (Probolinggo: Lemlit IAI Nurul Jadid, 2006).

Muhammad Yasir Nasution, Manusia Menurut al-Ghazali (Jakarta: Raja Grafindo, 1996).

M. Jindar Wahyudi, Nalar Pendidikan Qurani (Yogyakarta: Apeiron Philotes, 2006).

Omar Muhammad Al-Toumy Al-Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam, Terj. Hasan Langgulung (Jakarta: Bulan Bintang, 1979).

Sudarsono, Filsafat Islam (Jakarta: Rineka Cipta, 1997).

Zakiah Daradjat, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. ke 8 (Jakarta: Bumi Aksara-Depag RI, 2008).

Published
2014-05-01
How to Cite
SutiknoS. (2014). MANUSIA DALAM KONTEKS PEDAGOGIS. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(1), 189-218. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.1.189-218
Section
Articles