KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MASA KINI

  • Fauti Subhan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Pendidikan Islam, Teoritis, Praktis

Abstract

Tulisan ini membahas tentang keterkaitan antara pendidikan Islam dengan berbagai elemen kehidupan. Keterkaitan antara sisi teoritis pendidikan Islam dengan sisi praktis pendidikan Islam juga disampaikan di sini. Secara kajian, dimensi teoritis dengan aplikatif pendidikan Islam dapat dibahas sendiri-sendiri, tetapi secara praktis, kedua dimensi tersebut tidak bisa lepas satu sama lain. Pada prinsipnya, persoalan pendidikan Islam tidak dapat dilepaskan dari beragam persoalan lainnya. Pendidikan Islam selalu terkait dengan berbagai elemen kehidupan, terutama manusia. Melalui pendidikan Islam manusia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Sebaliknya, manusia (Muslim) juga menjadi aktor dari maju atau mundurnya pendidikan Islam. Antara umat Islam dan pendidikan Islam merupakan dua hal yang dapat diibaratkan seperti sekeping uang, yakni terdiri dari dua sisi yang berbeda tetapi tidak terpisah antara satu dengan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman Wahid, Menggerakkan Tradisi, Cet. II (Yogyakarta: LKiS, 2007).

Abd. Chayyi Fanany, 2010, Ilmu Pendidikan Islam (Surabaya: Taruna Media Pustaka).

Anwar Rasyid, 2011, Ilmu Pendidikan Islam (Teori & Aplikatif) (Surabaya: TMP).

M. Jindar Wahyudi, 2006, Nalar Pendidikan Qurani (Yogyakarta: Apeiron Philotes).

M. Arifin, 1977, Psikologi dan Beberapa Aspek Kehidupan Ruhaniah Manusia (Jakarta: Bulan Bintang).

Nur Ubiyati, 1999, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II (Bandung: CV. Pustaka Setia).

YPP, 1971, Al-Quran dan Terjemahnya (Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Quran).

Zakiah Daradjat, 2008, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. ke 8 (Jakarta: Bumi Aksara-Depag RI).

Published
2016-02-03
How to Cite
SubhanF. (2016). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MASA KINI. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 353-373. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.353-373
Section
Articles