PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER

  • M Nadlir Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Perencanaan, Pembelajaran, Karakter

Abstract

Tulisan ini berupaya mendeskripsikan konsep perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Perencanaan pembelajaran berbasis karakter merupakan seperangkat materi dan alat yang dipersiapkan guru ketika akan mengajar dengan mengedepankan aspek afektif dan nilai-nilai karakter yang luhur dalam perencanaannya untuk diinternalisasikan ke dalam diri murid-muridnya. Perencanaan pembelajaran berbasis karakter adalah model perencanaan dalam pembelajaran yang mengedepankan aspek penanaman nilai-nilai moral atau karakter bagi peserta didik. Ada banyak dimensi yang harus diperhatikan dalam menyusun perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Perencanaan pebelajaran berbasis karakter sangat bermanfaat bagi stakeholders pembelajaran Karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Rohani, 2004, Pengelolaan Kelas (Jakarta: Rineka Cipta).

A. Madjid, 2006, Perencanaan Pembelajaran (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Evi Fatimatur Rusydiyah, 2009, Perencanaan Pembelajaran (Surabaya: LAPIS-AUSAID).

Hanun Asroha, 2010, Perencanaan Pembelajaran (Surabaya: Kopertais IV-Pemprov Jatim).

Hanun Asroha, “Kabijakan Nasional dan Paradigma Pendidikan Karakter di Indonesia”. Makalah disampaikan pada acara International Conference dengan tema Expressions of Islam in Recent Southeast Asian’s Politics, di Gedung Rektorat IAIN Suanan Ampel pada 11 Oktober 2010.

Harjanto, 2006, Perencanaan Pengajaran (Jakarta: Rineka Cipta).

Hamzah B. Uno, 2008, Perencanaan Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara).

Ratna Megawangi, 2004, Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa (Jakarta: Indonesia Heritage Foundation).

Published
2016-02-03
How to Cite
NadlirM. (2016). PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 338-352. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.338-352
Section
Articles