POLA PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19

  • Sutikno Sutikno Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Pendidikan, Islam, Surat Luqman, 12-19

Abstract

Tulisan ini mengulas pola pendidikan Islam dalam surat Luqman ayat 12-19. Pola pendidikan yang terkandung dalam surat Luqman ayat 12-19 merupakan pola pendidikan yang Islami, pola pendidikan yang berbasis keagamaan. Komponen-komponen pendidikan yang terkandung dalam surat Luqman ayat 12-19 antara lain: pendidik, peserta didik, materi pendidikan, metode pendidikan, dan tujuan pendidikan. Pendidiknya adalah Luqman; peserta didiknya anaknya Luqman; materi pendidikannya berisi aqidah, syari’ah, moral; metode pendidikannya bersifat nasihat; tujuan pendidikannya adalah keimanan, ketaqwaan, dan akhlak yang luhur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armai Arief, Reformulasi Pendidikan Islam (Jakarta: CRSD Press, 2005)

Depag RI, Al-Quran dan Terjemahnya (Jakarta: Depag RI, 1971).

Darwis Hude, et. al., Cakrawala Ilmu dalam Al-Qur’an (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2002).

Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Logos, 1999).

Imam Muslim, Shahih Muslim, Juz II (Surabaya: Syarikat ‘Alawi, tt.).

Ibrahim Amini, Agar tak salah Mendidik Anak, Penerjemah, Ahamad Subandi & Salman Fadlullah, (Jakarta: Al-Huda, 2006).

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam dalam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Cet. III (Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya, 2004).

Nasib Ar-Rifai, Kemudahan dari Allah, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, (Jakarta: Gema Insani Press, 1999).

Syahidin, Metode Pendidikan Qur’ani, Teori dan Aplikasi, Cet. Ke-2 (Jakarta: Misaka Galiza, 1999).

Zuhairini, et. al., Filsafat Pendidikan Islam, Cet. Ke-2 (Jakarta: Bumi Aksara, 1995).

Zakiah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. ke 8 (Jakarta: Bumi Aksara-Depag RI, 2008).

Published
2016-02-03
How to Cite
SutiknoS. (2016). POLA PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 287-302. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.287-302
Section
Articles