PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMP BINA BANGSA SURABAYA

  • Subiyono Subiyono Alumni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Hamim Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan metode hypnoteaching pada bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Bina Bangsa Surabaya? (2) Bagaimanakah prestasi belajar siswa pada bidang pendidikan agama Islam di SMP Bina Bangsa Surabaya? (3) Adakah pengaruh metode hypnoteaching pada bidang studi pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di SMP Bina Bangsa? Sampel penelitian adalah 10 % dari 526 siswa yaitu 53 siswa, teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik stratified proportional random sampling yaitu mengacak sampel pada setiap strata dengan pembagian yang sama. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah: (1) Rumus prosentase sederhana, yaitu untuk menganalisis data tentang penerapan metode  hypnoteaching di SMP Bina Bangsa dan prestasi belajarnya pada bidang PAI; (2) Rumus Korelasi Product Moment, yaitu untuk menganalisis data tentang ada atau tidaknya pengaruh metode hypnoteaching terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Bina Bangsa Surabaya.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan strategi hypnoteaching di SMP Bina Bangsa Surabaya tergolong cukup. Hal ini terbukti dari hasil prosentase tertinggi ( 66 % ) adalah berada pada interval 56 % - 75 % yang berarti cukup; (2) Prestasi belajar siswa di SMP tergolong baik. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata nilai ulangan siswa (7,3) berada pada interval nilai 7-8 yang berarti baik; (3) Terdapat pengaruh metode hypnoteaching terhadap prestasi belajar siswa di SMP Bina Bangsa Surabaya. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan rumus rxy (0,522) yang lebih besar dari hasil perhitungan tabel (rt) baik pada taraf signifikansi 5 % (0,274) atau taraf signifikansi 1 % (0,354) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak dan berarti terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas Sujiono, 2008, Pengantar Satistik Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada)

Departemen Agama RI, 2000, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung: CV Penerbit Diponegoro)

Ibnu Hajar, 2011, Hypnoteaching Memaksimalkan Hasil Proses Belajar-mengajar dengan Hypnoterapi, (Jojakarta: Diva Press)

James. L. Murseli, 1975, Pengajaran Berhasil, (Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia)

M. Uzer Ustman, 1995, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosda Karya)

Muhibbin Syah, 2004, Psikologi Belajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Oemar Hamalik. 2003, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara)

Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian, (Jakarta: PT Rineka Cipta)

Suharsimi Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Edisi Revisi VI). (Jakarta: Rineka Cipta)

Syaiful Bahri Djamarah, 2002, Strategi Belajara Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta)

Trianto, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik, (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher)

UU RI No. 21. 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung: Citra Umbara)

Yusuf Hadi Miarso, dkk., 1986, Teknologi Komunikasi Pendidikan, (Jakarta: Rajawali)

Zakiah Drajat dkk, 1996, Ilmu Pengetahuan Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara)

Published
2016-02-03
How to Cite
SubiyonoS., & HamimN. (2016). PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMP BINA BANGSA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 222-245. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.222-245
Section
Articles