Penanaman Religiusitas Keislaman Berorientasi pada Pendidikan Multikultural di Sekolah

A. Suradi

Abstract


Bahasa Indonesia:

Artikel ini menguraikan tentang bagaimana pendidikan multikultural dalam merespon perubahan demografi dan kultur religius di lingkungan sekolah, bahkan masyarakat secara keseluruhan. Hal ini bertujuan agar dapat tumbuh sikap dan nilai penting bagi harmoni sosial dan perdamaian antar umat beragama. Artikel ini merupakan jenis penelitian pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Ada dua hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan pendidikan Islam multikultural, yaitu secara konseptual dan metodologis. Secara konseptual berarti memperkaya diri dengan isu-isu multikulturalisme dari berbagai sumber. Sedangkan secara metodologis, figur pendidik perlu tampil sebagai agen perubahan dalam proses menyemai pemahaman multikulturalisme secara praktis. Dengan demikian, nilai-nilai pendidikan agama Islam berwawasan multikultural akan berpengaruh signifikan dalam upaya membentuk pola pemahaman keagamaan di kalangan peserta didik baik melalui muatan kurikulum maupun dalam tataran aplikatif dalam proses pembelajaran.

 

English:

This article describes how multicultural education responds to demographic changes and religious culture in school environment, and even society as a whole. Thus, it aims to foster attitudes and values which are essential to social life and peace buiding among religious followers. This article is a library research using qualitative descriptive approach. There are two approaches to propose in creating Islamic education with multiculturalism foundation, conceptually and methodologically. The conceptually means to enrich selves with multiculturalism issues from various resources. Next, the methodologically means to promote educating fugure (such as teachers) to act practically in spreading multiculturalism. Therefore, the values of Islamic education with multicultural foundation would significantly support the creation of religious understanding among students through both curriculum contents and learning process.


Keywords


Religiosity; Islam; Multicultural Education; School;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah, M. Amin. Agama dan (Dis) Integrasi Sosial: Tinjauan Materi dan Metodologi Pembelajaran Agama (Kalam dan Teologi) dalam Era Kemajemukan di Indonesia." Seminar Panitia Ad Hoc BPMPR RI tentang Perubahan Kedua UUD 1945 dalam Perspektif Hukum. Mataram, 2003.

—. Mazhab Yogya: Menggagas Paradigma Ushul Fiqh Kontemporer. Yogyakarta: Arruz Press, 2002.

Ahmad, Nur. Pluralitas Agama Kerukunan dalam Keragaman. Jakarta: Kompas, 2001.

Azra, Azyumardi. Cerita sukses pendidikan multikultural di Indonesia. Jakarta: CRSM UIN Syahid Jakarta, 2010.

—. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2000.

Banks, James A. Multicultural Education: Historical Development, Dimensions and Practice. Washington D.C.: American Educational Research Association, 1993.

Budianta, Melani. Mencari akar kultural Civiel Society di Indonesia. Jakarta: Indonesia For Institute For Civil Society, 2003.

Faisol. Gus Dur dan Pendidikan Islam, Upaya Mengembalikan Esensi Pendidikan di era Global. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Fathurrohman, Muhammad. "Pendidikan Islam Multikultural (Menggagas Transformasi Pendidikan Islam yang Multikultural)." Muhammad Fathurrohman Blog. Oktober 4, 2012. https://muhfathurrohman.wordpress.com/2012/10/04/pendidikan-islam-multikultural/.

Gee, James A. Bank dan Cherry A. Mc. Handbook of research on Multicultural Education. San Francisco: Jossey Bass, 2001.

Mulkhan, Abdul Munir. Kesalehan Multikultural. Yogyakarta: PSAP Muhammadiyah, 2005.

Parekh, Bikhu. Rethinking Multiculturalism: Cultural Diversity and Political Theory. Cambridge: Harvard University Press, 2000.

Roubaie, Amer Al. "Globalisasi dan Posisi Peradaban Islam." Islamia, 2005: 13.

Sanusi, A. Effendi. “Pendidikan multikultural dan Implikasinya,” . http://blog. unila. ac.id.effendisanusi.

Suseno, Franz Magnis. Equality and Plurality dalam Konteks Hubungan antar Agama. Yogyakarta: Sukses Offset, 2008.

Sutrisno. Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Fadilatama, 2011.

Tilaar, H.A.R. Kekuasaan dan Pendidikan, Suatu Tinjauan Dari Perspektif Kultural. Jakarta: Indonesia Tera, 2003.

Weber, Max. Sosiologi Agama. Yogyakarta: IRCiSoD, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.15642/jpai.2018.6.1.25-43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indeks:

Jurnal Pendidikan Agama Islam; address: UIN Sunan Ampel Surabaya, Jl. A. Yani 117 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237; email: jpai@uinsby.ac.id

issn(p) 2089-1946 & issn(e) 2527-4511



View My Stats