Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Adiwiyata pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN Tambakberas Jombang

  • Mukani Mukani SMA Negeri 1 Jombang Jawa Timur
  • Teto Sumarsono STIT al Urwatul Wutsqo Bulurejo Jombang
Keywords: Environmental Concerns, Adiwiyata, Fiqh,

Abstract

Bahasa Indonesia:Setiap individu memiliki peran dengan lingkungan sekitarnya dan dapat menciptakan perubahan, terutama tentang kebersihan lingkungan. Kepedulian terhadap lingkungan bisa dilakukan dari lingkup terkecil, yaitu keluarga, sekolah dan madrasah. Artikel ini membahas pembelajaran mata pelajaran fiqih berbasis program adiwiyata yang dilaksanakan di MTsN Tambakberas Jombang dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa karakter peserta didik MTsN Tambakberas terhadap kepedulian lingkungan terintegrasi dengan baik melalui pelajaran fiqih dan mata pelajaran lainnya. Sehingga pada mata pelajaran apapun peserta didik akan tetap diingatkan dan dimotivasi untuk selalu peduli dan cinta kepada lingkungannya. Hal ini disebabkan oleh dua usaha, yaitu pembiasaan dan partisipasi. Implementasi pembelajaran fiqih dalam pembentukan karakter peduli lingkungan dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya melalui pemberian materi yang terintegrasi dengan mata pelajaran dan juga praktik di lapangan.English:Everyone has environmental role to create changes, especially in creating cleanliness. Environmental concerns may begin from the smallest scopes, such as family and school or madrasah. This article deals with Islamic jurisprudence learning with concerns of Adiwiyata achievement in MTsN Tambakberas Jombang. This study is using qualitative approach and is conducted at di MTsN Tambakberas Jombang. The result shows that students’ attitudes toward environmental issues is satisfying through integration of the issues in Islamic jurisprudence class and other classes. Therefore, in any classes, students are always motivated to love and responsible with their environment. This is a result of two efforts, habitual development and participation. Islamic jurisprudence class contributes in the character building of environmental concerns, either through integrating the concerns into the teaching materials and practice in the fields.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisusilo, Sutarjo. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Anwari (al), Amirul Mukminin. “Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri.” Jurnal Ta’dib, Vol. 19 No. 2 (November 2014).

Badarudin. “Efektivitas Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Vol. 483-497.

Desfandi, Mirza. “Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata.” Jurnal Sosio Didaktika, Vol. 2 No. 1 (2015).

Handayani, Trikinasih. “Pembudayaan Nilai Kebangsaan Siswa Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Adiwiyata Mandiri.” Jurnal Pembangunan Pendidikan, Vol. 3 No. 1 (Juni 2015).

Landriany, Ellen. “Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang.” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 2 No. 1 (Januari 2014).

Madkur, Salman. al-Fiqih al-Islam. ttp: Maktabah Abdullah Wahbah, 1995.

Rahmah, Yanti Dwi. “Implementasi Program Sekolah Adiwiyata; Studi Pada SDN Manukan Lor III/540 Kota Surabaya.” Jurnal Administrasi Publik, Vol. 2 No. 4 (2014).

Rahmawati, Sri Utami. Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Sekolah Berbudaya Lingkungan Hidup. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2014.

Tri, Rismawati. “Efektivitas Program Adiwiyata Sebagai Upaya Penanaman Rasa Cinta Lingkungan di SMP Negeri 3 Malang.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 2 No. 1 (2013).

Anam, Manasihul. Wawancara. Jombang, 9 Maret 2017, 18 Maret 2017, 11 April 2017.

Aziz, Abdul. Wawancara. Jombang, 11 Maret 2017.

Cahyani, Tazkiya Nur. Wawancara. Jombang, 11 Maret 2017.

Habibullah. Wawancara. Jombang, 14 Maret 2017, 22 Maret 2017.

Lathif, Irham. Wawancara. Jombang, 15 Maret 2017.

Rosyidah, Wahidatu. Wawancara. Jombang, 11 Maret 2017.

Syaifudin. Wawancara. Jombang. 11 Maret 2017.

Syarifah, Luluk. Wawancara. Jombang, 10 Maret 2017, 16 Maret 2017.

Syuaib, Moh. Wawancara. Jombang, 9 Maret 2017, 10 Maret 2017.

Ubaidillah, Muhlas. Wawancara. Jombang, 17 Maret 2017, 18 Maret 2017.

Wisnu, Ahmad. Wawancara. Jombang, 11 Maret 2017.

Published
2017-11-02
How to Cite
Mukani, M., & Sumarsono, T. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Adiwiyata pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN Tambakberas Jombang. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 181-200. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.181-200
Section
Articles