METODE HYPNOSIS LEARNING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SANTRI; STUDI KASUS DI TPA SABILILLAH KETINTANG SURABAYA

  • Muhammad Imron Mahasiswa Program Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Bahasa Indonesia:Metode Hypnosis Learning merupakan sebuah pembelajaran yang dirancang dengan menciptakan situasi yang nyaman dan menyenangkan dalam lingkungan terkendali untuk dapat masuk ke pikiran bawah sadar. Metode tersebut mengatasi berbagai problem belajar yang dialami oleh anak didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar santri di TPA Sabilillah, berikut konsep dan implementasi metode Hypnosis Learning dalam mengatasi kesulitan belajar santri. Temuan penelitian ini menunjukkan, pertama, proses belajar santri di TPA Sabilillah tidak selalu berjalan seperti apa yang diharapkan. Ada beberapa kesulitan belajar yang dialami, yaitu kesulitan dalam bahasa, kesulitan belajar membaca (disleksia) dan kesulitan dalam menulis (disgrafia). Kedua, penerapan metode Hypnosis Learning menggunakan teknik afirmasi, sugesti dan visualisasi. Ketiga, penerapan Hypnosis Learning mengikuti tahapan-tahapan dan alokasi waktu berikut: persiapan (5 - 10%), presentasi (60%), praktik (30%) dan evaluasi. English:Hypnosis learning method is a learning activities with creating comfort and fun atmosphere in controlled environment in order to approach sub-conscious mind. The learning method solve various learning issues by students. This research is aimed to identify learning issues in Sabilillah Quranic School as well as concept and implementation of Hypnosis learning to solve the problem. Findings shows that, first of all, learnig process in the Quranic School was not as expected. Several issues found were language difficulties, reading difficulties, and writing difficulties. Second, the Hypnosis Learning was implemented through affirmation, suggestion, and visualization techniques. Third, in its implementation, the Hypnosis Learning follow steps and allocated time such as preparation (5-10%), presentation  (60%), practices (30%), and evaluation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu., dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Almatin, Isma. Dahsyatnya Hypnosis Learning. Yogyakarta : Pustaka Wydiatama, 2010.

Alwan, Moh. Masalah dan Kesulitan Belajar. Jombang: Diktat FKIP UNDAR, 1992.

Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Gunawan, Adi W. Hypnosis The Art Subconscious Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2006.

Hajar, Ibnu. Hypno Teaching; Memaksimalkan Hasil Proses Belajar Mengajar dengan Hipnoterapi. Jogjakarta: Diva Press, 2011.

Hakim, Andri. Hypnosis in Teaching; Cara Dahsyat Mendidik dan Mengajar. Jakarta: Transmedia Pustaka, 2011.

Ichak dan Warji. Program Remedial Dalam Proses Belajar Mengajar. Yogjakarta: Liberty, 1987.

Jaya, Novian Triwidia. Hypnoteaching. Bekasi: D-Brain, 2010.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya, 2008.

Makin, Moh., dan Baharuddin. 2007. Pendidikan Humanistik. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Mustaqim. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Purwanto, Ngalim. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Sumber Wijaya, 1992.

R, Moeslichatoen. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Somantri, Sutjihati. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama, 2007.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Umam, Cholil. Ikhtisar Psikologi Pendidikan. Surabaya: Duta Aksara, 2001.

UU RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sikdiknas. Bandung : Citra Umbara.

Walker, Wendy-Louise. “Guidelines for the Use of Hypnosis: When to Use Hypnosis and When not to Use”. Australian Journal of Clinical and Experimental Hypnosis Vol 41, No. 1, (2016).

Wood, Derek., dkk. 2005. Kiat mengatasi Gangguan Belajar. Yogjakarta: Katahati.

Majid, Indra. Mengenal Hypnosis Modern, e-book di http://fliphtml5.com/uuwy/pdwj/basic.

Published
2017-05-02
How to Cite
Imron, M. (2017). METODE HYPNOSIS LEARNING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SANTRI; STUDI KASUS DI TPA SABILILLAH KETINTANG SURABAYA. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(1), 116-137. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.1.116-137
Section
Articles