URGENSI MADRASAH DI ERA KONTEMPORER

  • Anwar Rasjid Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Madrasah, Islamic, School, Contemporary,

Abstract

BAHASA INDONESIA:Tulisan ini bermaksud megulas eksitensi madrasah di era kontemporer. Sebagai lembaga pendidikan yang sudah lama berkembang di Indonesia, madrasah selain telah berhasil membina dan mengembangkan kehidupan moral dan beragama di Indonesia, juga ikut serta berperan dalam menanamkan rasa kebangsaan ke dalam jiwa rakyat Indonesia, di samping itu Madrasah juga berperan  dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Meski demikian performa madrasah saat ini masih dirasakan berkualitas kurang dan sangat perlu untuk ditumbuh-kembangkan pada masa yang akan datang. Masyarakat di era sekarang (kontemporer) semakin menjadikan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang unik. Di saat ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat, di saat filsafat hidup manusia modern mengalami krisis moral dan keagamaan, dan di saat perdagangan bebas dunia makin mendekati pintu gerbangnya, keberadaan madrasah tampak makin dibutuhkan orang. Hal ini menunjukkan urgensi dan signifikansi eksistensi madrasah di era kontemporer. ENGLISH:This article aims to explain the existence of Islamic school in contemporary era. As educational institution that has been developing for long in Indonesia. Islamic school not only success in building and developing the moral and religion in Indonesia but also participates in engaging the nationality to the soul of Indonesia society. Furthermore, Islamic School has role in educating the national life. In the other hand, the nowadays Islamic school performance is less satisfied and need to improve in the future. Today society (contemporary) made the Islamic school more unique. When the science and technology develop rapidly, the philosophy of modern life is seemingly lack of moral and religious crisis, and  world free trade comes closer, the existence of Islamic school is urgently needed. It shows that the urgency and significant of the Islamic school existence.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Rachman Assegaf, Internasionalisasi Pendidikan (Yogyakarta: Gama Media, 2003).

Abdullah Idi dan Toto Suharto, Revitaslisasi Pendidikan Islam (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006).

Asrul Nasution. Madrasah Ibtidaiyah Dalam Sistem Pendidikan Nasional “Kebijakan Dan Manajemen Pengelolaan Sekolah http://depagnias.wordpress.com/ 2008/03/20/menyoal-revitalisasi-madrasah-antara-peningkatan-mutu-madrasah-dan-madrasah-bermutu/, diunduh pada 18 Desember 2012.

Depag RI dan PPIM, Menteri-menteri Agama RI, Biografi Sosial Politik (Jakarta: INIS, PPIM dan Balitbang Depag, 1998).

Ensiklopedi Islam – 2 Fas-kal (Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 1993).

Haedar Nashir, Agama dan Krisis Kemanusiaan Modern (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999)

http://www.scribd.com/doc/46777135/Madrasah-Dan Globalisasi, Diunduh pada 01 Oktober 2012.

http://izaskia.wordpress.com/tag/kelembagaan-madrasah/, diunduh pada 18 Desember 2012.

Jalaluddin dan Said, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Rajawali Press, 1996).

Karel Steenbrink, Pesantren, Madrasah dan Sekolah (Jakarta: LP3ES, 1994).

Moh. Athiyah Al-Abrasyi, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1970).

Malik Fadjar, Madrasah dan Tantangan Modernitas (Bandung: Mizan, 1998), 19.

Maksum, Khazanah Pendidikan Agama Islam (PT. Tiga Serangkai Nusantara, 1999).

Maksum, Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).

M. Asrori Ardiansyah, dalam www.kabar-pendidikan.blogspot.com, diunduh pada 18 Desember 2012.

Permendiknas No. 22, 23, 24 Tahun 2006.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 1994).

Tim UIN Suka, Bunga Rampai Pendidikan Islam, Analisis Kebijakan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2011).

UU No.23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 30.

Zakiah Daradjat, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. ke 8 (Jakarta: Bumi Aksara-Depag RI, 2008).

Zakiah Dradjat, Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia (Jakarta: Bulan Bintang, 1971).

Zuhairini, dkk., Sejarah Pendidikan Islam, Cet. III (Jakarta: Bumi Aksara-DEPAG RI, 1992).

Zamakhsyari Dhofier, “K.H. Hasyim Asy’ari, Penggalang Islam Tradisional”, Prisma 1, Januari 1984.

Zainal Muttaqien, dalam www.kabar-pendidikan.blogspot.com, diunduh pada 18 Desember 2012.

Published
2016-02-01
How to Cite
RasjidA. (2016). URGENSI MADRASAH DI ERA KONTEMPORER. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(1), 180-200. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.1.180-200
Section
Articles